Rauhanda Riyantama
Pelatih Timnas Palestina, Makram Dabboub. (Twitter)

Bolatimes.com - Makram Dabboub besar kemungkinan bakal memimpin skuad Palestina saat menghadapi Timnas Indonesia pada FIFA Matchday periode Juni 2023 mendatang.

Kepastian ini seolah merupakan wujud dari janji Ketum PSSI, Erick Thohir. Sebelumnya ia menyampaikan bahawa Timnas Indonesia akan menghadapi lawan kuat dan prosesnya dilakukan jauh-jauh hari sebelum laga.

"Saya sudah komunikasi dengan Presiden Federasi Sepakbola Palestina dan mereka sudah setuju untuk laga FIFA matchday pada tanggal 14 Juni 2023," kata Erick Thohir yang kini berada di Kigali, Rwanda, guna mengikuti Kongres FIFA dalam keterangan resminya, Kamis (16/3/2023).

Baca Juga:
Hasil Drawing Perempat Final Liga Europa: Manchester United Ditantang Sevilla, Juventus Hadapi Sporting Lisbon

"Mereka juga sudah mengirim surat resmi ke PSSI tentang kesediaan untuk melakukan satu pertandingan laga," imbuhnya.

Mendapatkan lawan sekelas Palestina juga merupakan hal positif buat Timnas Indonesia karena saat ini Palestina menduduki rangking 93 dunia, sedangkan Indonesia ada di peringkat 151.

Lantas, siapa sebetulnya Makram Dabboub yang merupakan pelatih dari Palestina?

Baca Juga:
Momen Gol Pedro Goncalves dari Tengah Lapangan yang Hempaskan Arsenal dari Liga Europa

Profil Makram Dabboub

Sosok Makram Dabboub merupakan pelatih kelahiran Tunisia pada 30 Desember 1972. Ia merupakan mantan pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang.

Ia aktif bermain pada medio 1990 an hingga 2008. Ia membela beberapa klub asal Tunisia seperti Esperance dan ES Zarzis. Setelah pensiun pada 2008, ia tak langsung terjun sebagai pelatih.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Zainudin Amali Siap Mundur dari PSSI andai Israel Diperbolehkan Main di Piala Dunia U-20 2023, Benarkah?

Tepatnya pada Mei 2008, ia ditunjuk sebagai pelatih interim dari ES Zarzis. Namun ia hanya memimpin satu pertandingan dalam satu minggu jabatannya.

Lantas pada Desember 2010, ia ditunjuk sebagai pelatih kiper di Timnas Palestina. Ia sudah bekerja sama dengan beberapa pelatih berbeda hingga akhirnya ditunjuk sebagai pelatih pada Mei 2021 untuk menggantikan Noureddine Ould Ali.

Sejak Mei 2021 hingga terakhir kali bermain pada Juni 2022, Makram Dabboub punya statistik cukup bagus bersama Palestina. Total ia mencatatkan tujuh kemenangan, tiga kali kalah dan sekali imbang.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1: Gulung Bhayangkara FC 3-1, PSM Makassar kian Kokoh di Puncak Klasemen Musim 2022/2023

Makram Dabboub juga berjasa membawa Palestina lolos ke putaran final Piala Asia 2023. Di babak kualifikasi, Palestina tampil menjanjikan dengan meraih tiga kemenangan.

Sebelum melawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday Juni mendatang, Makram Dabboub akan lebih dulu memimpin Palestina menghadapi Bahrain pada FIFA Matchday 25 Maret 2023.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More