Irwan Febri Rialdi
Penyerang Nantes Christian Bekamenga merayakan setelah mencetak gol selama pertandingan Ligue 1 antara Nantes vs Nice, pada 18 April 2009 di Stadion La Beaujoire di Nantes. (AFP/Frank Perry)

Bolatimes.com - Liga Bolivia bukan termasuk sebagai salah satu liga top dunia, tapi banyak eks pemain top yang sempat merumput di kompetisi  ini.

Secara kekuatan, Bolivia sebetulnya punya kekuatan sepak bola yang cukup mumpuni. Ini dibuktikan dari peringkat timnas mereka di ranking FIFA yang kini menduduki posisi 82 (per Desember 2022).

Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan banyak pesepakbola dunia yang coba peruntungan bermain di Liga Bolivia.

Bolivia sendiri dikabarkan bakal menjadi salah satu calon lawan Timnas Indonesia di FIFA Matchday 2023. Lantas, transfer paling random mana saja yang terjadi di Liga Bolivia? Berikut ulasannya!

1. Wilfried Bony

Mantan wonderkid asal Pantai Gading, Wilfried Bony, menjadi transfer random terkini yang terjadi di Liga Bolivia. Ia baru saja bergabung dengan klub Always Ready.

Transfer Bony diresmikan pada 11 Februari 2023 kemarin. Ia datang setelah sebelumnya bermain untuk klub Belanda, NEC Nijmegen.

Dalam perjalanan kariernya, pemain berusia 34 tahun itu sebetulnya pernah memperkuat klub-klub Eropa macam Vitesse, Swansea City, hingga Manchester City.

2. Jean-Christophe Bahebeck

Transfer paling aneh di Liga Bolivia selanjutnya adalah jebolan Paris Saint-Germain, Jean-Christophe Bahebeck. Ia bergabung dengan klub Bolivia, Atletico Palmaflor, pada 2022 lalu.

Pemain berusia 29 tahun itu sempat bermain di beberapa klub Eropa seperti PSG, Saint-Etienne, Utrecht, hingga Partizan. Namun kariernya meredup dengan cepat hingga akhirnya terdampar di Liga Bolivia.

3. Armando Sadiku

Pemain berkewarganegaraan Albania ini merupakan mantan pemain Levante di musim 2018-2020. Namun, ia jarang mendapatkan tempat hingga akhirnya memutuskan berkarier di Bolivia.

Ia pindah ke klub raksasa Bolivia, Bolivar, pada 2021 dan menjadi pemain Albania pertama di Liga Bolivia. Namun, ia cuma mencatatkan 7 penampilan di Liga dengan torehan 2 gol.

4. Christian Bekamenga

Nama pemain satu ini bukan sosok yang asing buat sepak bola Indonesia karena sempat menjadi bagian Persib Bandung pada 2007 silam.

Penampilan Bekamenga pun impresif dengan mencatatkan 17 gol dari 20 penampilan di Liga Indonesia. Atas torehan itu pula ia diboyong oleh klub Prancis, FC Nantes, pada 2008.

Namun perjalannya di Prancis tak mulus-mulus amat. Setelah melanglang buana ke berbagai liga di dunia, ia memutuskan bergabung dengan klub Bolivia, Real Potosi, pada 2021.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More