Galih Prasetyo
Riku dan Riki Matsuda saat masih kecil dan kenakan pakaian adat Jawa (@riki_matsuda_official)

Bolatimes.com - Jumlah pemain keturunan Indonesia yang tersebar di sejumlah negara cukup banyak. Tidak hanya yang bermain di negara Eropa seperti Belanda, ada juga pemain keturunan Indonesia yang berkarier di Liga Jepang.

Di Liga Jepang terdapat pemain kembar yang diketahui memiliki darah Indonesia. Mereka adalah Riku dan Riki Matsuda. Nama keduanya beberapa tahun lalu sempat jadi sorotan media Indonesia.

Lantas bagaimana kabar pemain kembar keturunan Indonesia tersebut di Liga Jepang?

Baca Juga:
Profil Demiane Agustien, Pemain Keturunan Indonesia yang Dipanggil Timnas Curacao U-17

Untuk diketahui, Riki dan Riku Matsuda lahir di Osaka, Jepang pada 24 Juli 1991. Darah Indonesia didapat Riki dan Riku dari ayahnya yang diketahui berlatar belakang orang Jawa.

Beberapa waktu lalu saat nama keduanya jadi sorotan publik sepak bola nasional, Riki Matsuda sempat unggah foto masa kecil dirinya bersama Riku saat mengenakan pakaian adat Jawa.

Riki dan Riku memiliki posisi berbeda sebagai pesepak bola. Riku berposisi sebagai full back kanan sedangkan Riki seorang penyerang.

Baca Juga:
Daftar 16 Pemain Keturunan Indonesia di Eredivisie Musim 2022/2023, Shin Tae-yong Minat yang Mana?

“Aku ingin mencetak gol seperti itu. Aku akan berusaha melakukan yang terbaik di musim ini, meski semuanya mungkin tak mudah,” ucapnya.

Saat ini, Riki diketahui hanya bermain di kasta ketiga Liga Jepang bersama klub Ehime FC. Dalam lanjutan J3-League, Riki baru akan bermain pada Maret 2023.

Baca Juga:
Gabung KMSK Deinze, Marselino Ferdinan Banjir Dukungan Pemain Keturunan Indonesia

Riki bergabung ke Ehime FC dari Cerezo Osaka. Ia direkrut pada 20 Januari 2022. Sepanjang karier di Liga Jepang, Riki telah melakoni 299 laga dengan mencetak 49 gol dan 31 asssist.

Sementara itu, Riku saat ini tercatat sebagai pemain klub J-League, Cerezo Osaka. Ia sudah cukup lama bergabung di Cerezo Osaka. Sebelumnya, Riku diketahui bermain di FC Tokyo.

Riku juga tercatat pernah membela tim U-18 Jepang sebayak 1 pertandingan pada 18 Juni 2017. Sepanjanng kariernya di Liga Jepang, Riku total mengoleksi 307 caps dengan mencetak 8 gol dan 25 asssit.

Baca Juga:
5 Pemain Keturunan Indonesia yang Berkarier di Liga Top Eropa, Salah Satunya Jadi Andalan Leeds United

Meski kedua berdarah Indonesia, Riku dan Riki bukan menjadi opsi dari PSSI untuk dinaturalisasi. Selain usianya sudah tergolong tua, Exco PSSI Hasani Abdulgani sempat mengatakan dua pemain ini tidak masuk radar Shin Tae-yong.

Load More