Irwan Febri Rialdi
Timnas Brasil U-20 merayakan keberhasilan lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023. (Instagram/@conmebol)

Bolatimes.com - Sampai saat ini, jumlah negara peserta yang akan berpartisipasi pada kejuaraan Piala Dunia U-20 2023 kembali bertambah. Yang terbaru, ada Brasil dan Uruguay yang akan mewakili CONMEBOL alias Amerika Selatan.

Brasil dan Uruguay memang menjadi dua kontestan yang tampil sangat impresif pada ajang South American U-20 Championship 2023. Mereka dipastikan merebut dua tiket pertama ke Piala Dunia U-20 2023.

Awalnya, Brasil melaju ke fase final dengan status sebagai juara Grup A dengan koleksi 10 poin dari tiga kemenangan dan satu imbang dari empat laga.

Sementara itu, Uruguay menjadi pemuncak klasemen akhir Grup B dengan koleksi poin yang sama dari hasil pertandingan yang serupa.

Di fase final, Brasil berhasil melewati tiga pertandingan awalnya dengan kemenangan, yakni saat menggulung Ekuador (3-1), Venezuela (3-0), dan Paraguay (2-0).

Dengan hasil ini, posisi Brasil berada di puncak klasemen sementara dengan koleksi sembilan poin dari tiga pertandingan awal.

Selanjutnya, Uruguay juga mencatatkan hasil yang cukup serupa di fase final ini. Mereka tercatat menang atas Kolombia (1-0), Ekuador (2-1), dan Venezuela (4-1).

Berkat tiga kemenangan ini, Uruguay menempel ketat di peringkat kedua. Mereka juga mengoleksi sembilan poin, tapi masih kalah selisih gol dari Brasil di posisi puncak.

Sebagai informasi, negara-negara asal Amerika Selatan bakal mendapatkan empat slot pada gelaran Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia.

Setelah dua tempat resmi disegel Brasil dan Uruguay, masih ada dua slot lainnya. Salah satu tim yang berpeluang besar menyusul ke Piala Dunia U-20 2023 ialah Kolombia.

Sebab, sejauh ini mereka sudah mengumpulkan enam poin dari tiga pertandingan. Kolombia hanya tinggal meraih satu kemenangan untuk menyegel satu tiket ke putaran final Piala Dunia U-20 2023.

Sejauh ini, baru tiga konfederasi saja yang sudah memastikan perwakilannya di Piala Dunia U-20 2023. Untuk wakil Eropa, lima negara yang akan berangkat ialah Inggris, Prancis, Israel, Italia, dan Slovakia.

Adapun Konfederasi Oseania atau OFC akan mengirimkan dua kontestan, yakni Fiji dan Selandia Baru. Mereka disusul empat negara asal Konfederasi Amerika Tengah, Utara, dan Karibia, alias CONCACAF.

Keempat kontestan tersebut yakni Republik Dominika, Guatemala, Honduras, dan Amerika Serikat. Adapun satu wakil dari Asia yang sudah dipastikan ialah Indonesia karena berstatus sebagai tuan rumah.

Negara-negara asal Konfederasi AFC akan memperebutkan empat tiket tersisa ke Piala Dunia U-20 2023 melalui ajang Piala Asia U-20 2023 yang bakal berlangsung di Uzbekistan pada Maret 2023.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More