Rauhanda Riyantama
Kiper Ajax Amsterdam, Andre Onana jadi korban orang buang sampah sembarangan. [@andreonana.24 / Instagram]

Bolatimes.com - Pensiun bukan berarti berhenti, begitulah pilihan dari para kiper top yang memilih gantung sepatu dari tim nasional meski masih aktif bermain.

Fenomena ini bukan hal yang langka, sedere kiper top Eropa justru memilih keluar dari skuad tim nasional meski kualitasnya masih di atas rata-rata.

Bukan tanpa alasan, sederet faktor beragam menjadi penyebab sederet kiper aktif ini memutuskan pensiun dari skuad tim nasional.

Baca Juga:
Tak Puas hanya Mudryk, Chelsea Gelontorkan Rp573 Miliarnya untuk Pemain PSV Eindhoven

Lantas siapa saja mereka? berikut sederet kiper yang masih aktif bermain di level klub tetapi sudah memutuskan pensiun dari timnas.

1. Lukasz Fabianski

Fabianski memilih pensiun dari timnas Polandia pada Oktober 2021, keputusan ini diambil tepat setelah kemenangan atas San Marino pada Kualifikasi Piala Dunia.

Baca Juga:
Klasemen Terbaru BRI Liga 1 2022/2023: PSM Makassar Nyaman di Puncak, Papan Bawah Memanas

Meski tak pernah memiliki kiprah yang mencolok dengan Polandia, Fabianski sukses mengoleksi 56 caps sejak debut pada 2006.

2. Samir Handanovic

Handanovic diketahui sudah tak lagi membela timnas Slovenia sejak 2015, keputusan pensiun diambil setelah gagal membawa negaranya melaju ke putaran final Piala Eropa 2016.

Baca Juga:
Deretan 5 Pemain Timnas Indonesia yang Naik Level usai di Piala AFF 2022, Siap Bertarung di Luar Negeri

Selama kariernya, Handanovic sukses mengemas 81 caps dalam kurun waktu 11 tahun, kepergiannya tak begitu bermasalah bagi Slovenia.

Karena negara ini masih memiliki seorang Jan Oblak, sementara Handanovic masih aktif bermain untuk Inter Milan meski tak lagi jadi nomor satu.

3. Andre Onana

Baca Juga:
Link Live Streaming PSIS Semarang vs Arema FC di BRI Liga 1, Digelar Sore ini

Unik, keputusan pensiun Onana dari timnas Kamerun diambil setelah Piala Dunia 2022 Qatar, usianya masih 26 tahun namun sudah mengambil keputusan besar.

Onana terlibat konflik dengan sang pelatih, Rigobert Lagu terkait taktik yang diterapkan di Piala Dunia 2022 Qatar.

Kiper Inter Milan itu dipulangkan dari Piala Dunia 2022 oleh Kamerun, alasannya tindakan indisipliner.

4. Hugo Lloris

Piala Dunia 2022 Qatar menjadi ajang terakhir Lloris bersama timnas Prancis, di awal tahun 2023 ia memutuskan pensiun dari tim nasional.

Kini usianya sudah 36 tahun, Lloris masih aktif bermain bersama Tottenham Hotspur dan menariknya ia masih menjadi pilihan utama Spurs di berbagai ajang.

Prancis pun tak khawatir atas pensiunnya Lloris, sederet kiper muda berbakat dimiliki mereka, mulai dari Mike Maignan hingga Alphonse Areola.

Kontributor: Eko
Load More