Rauhanda Riyantama
Penyerang Argentina, Lionel Messi, mengangkat Trofi Piala Dunia 2022 bersama pendukung usai mengalahkan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Keberhasilan menjadi juara Piala Dunia 2022 membuat ranking FIFA Timnas Argentina pun melesat. Lantas, bagaimana dengan Prancis yang tumbang di partai puncak ini?

Argentina berhasil keluar sebagai juara Piala Dunia 2022 usai mengandaskan perlawanan Prancis di Stadion Lusail, Qatar, Minggu (18/12) malam WIB.

Dalam pertandingan panas itu, Argentina berhasil mengalahkan Prancis lewat drama adu penalti dengan skor 4-2 setelah bermain imbang 3-3 dalam 120 menit pertandingan.

Baca Juga:
Mengenal Jubah Bisht, Kain yang Dipakai Lionel Messi saat Angkat Trofi Piala Dunia 2022

Argentina sejatinya bisa mengunci gelar juara lebih cepat, setelah unggul dua gol di babak pertama lewat penalti Lionel Messi dan gol Angel Di Maria.

Namun, Prancis mampu mengejar ketertinggalan dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2 lewat gol Kylian Mbappe dalam tempo satu menit saja di menit ke-80 dan 81.

Laga pun kemudian dilanjutkan ke babak Extra Time. Di babak ini, Argentina kembali unggul lewat gol Messi dan membuat kedudukan menjad 3-2.

Baca Juga:
Kamboja Jadi Lawan Pertama Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, Keisuke Honda Tebar Ancaman

Nahas bagi Argentina, Prancis lagi-lagi menyamakan kedudukan setelah Mbappe mencetak Hattrick lewat titik putih di menit ke-118.

Laga pun berlanjut ke babak adu penalti. Di babak ini, empat eksekutor Argentina berhasil menjaringkan bola.  Sedangkan dari kubu Prancis, dua dari empat penendangnya gagal menuntaskan tugasnya.

Alhasil, Argentina keluar menjadi juara Piala Dunia 2022 dan meraih titel ketiganya sepanjang partisipasinya di ajang empat tahunan tersebut.

Baca Juga:
5 Penyebab Prancis Kalah Lawan Argentina di Final Piala Dunia 2022

Selain meraih gelar juara, kesuksesan Argentina di Piala Dunia 2022 ini membuat tim berjuluk La Albiceleste itu menuai berkah dengan naiknya ranking FIFA.

Usai Piala Dunia 2022 berakhir, kira-kira di mana posisi Argentina di ranking FIFA?

Penyerang Argentina, Lionel Messi, mengangkat Trofi Piala Dunia 2022 bersama pendukung usai mengalahkan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (AFP)

Mendekati Brasil

Baca Juga:
Jadi Venue Piala Dunia U-20 2023, Stadion Manahan Solo Siap Digunakan

Dilansir dari laman Football-Ranking, Argentina berhasil mengumpulkan total 64,55 poin dari tujuh laga yang dimainkannya di Piala Dunia 2022.

Dari 64,55 poin tersebut, 15 poin di antaranya didapatkan setelah mengalahkan Prancis lewat adu penalti di babak final Piala Dunia 2022.

Dengan raihan poin tersebut, Argentina pun naik satu peringkat dari peringkat ketiga menjadi peringkat kedua di ranking FIFA.

Jika ditotal, Argentina meraih 1833,43 poin, atau hanya terpaut dua poin saja dari rival abadinya, Brasil, yang ada di peringkat pertama.

Raihan Argentina pun mampu diikuti Prancis. Meski harus tumbang, Les Bleus ternyata juga naik satu peringkat dari posisi keempat menjadi posisi ketiga.

Pasalnya selama gelaran Piala Dunia 2022 ini, Prancis mampu meraup 63,38 poin dari tujuh laga dengan total 1823,46 poin.

Naiknya peringkat Argentina dan Prancis membuat Belgia mendapati nasib apes. Karena tersingkir lebih cepat di fase grup Piala Dunia 2022, tim berjuluk De Rode Duivels ini turun dua peringkat.

Belgia harus turun dari posisi kedua menjadi posisi keempat dengan raihan 1781,30 poin, setelah mendapat minus 35,41 poin di Piala Dunia 2022 ini.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More