Arif Budi Setyanto
Pelatih Thailand Alexandre Polking (kiri) merayakan kemenangan tim pada leg pertama pertandingan semifinal sepak bola Piala AFF 2020 melawan Vietnam di Stadion Nasional di Singapura pada 23 Desember 2021. Roslan RAHMAN / AFP

Bolatimes.com - Pelatih Thailand, Mano Polking penuh percaya diri bisa mempertahankan status juara bertahan di Piala AFF 2022, meski skuadnya pincang karena tidak diperkuat pemain terbaik.

Thailand merupakan juara Piala AFF 2020 usai mengalahkan timnas Indonesia di babak final. Meski begitu, tim Changsuek punya tugas berat untuk mempertahankan status juara bertahan.

Pasalnya Thailand dipastikan tidak akan diperkuat pemain terbaiknya. Kehilangan paling besar adalah absennya Chanathip Songkrasin.

Baca Juga:
Mengenal Jubah Bisht, Kain yang Dipakai Lionel Messi saat Angkat Trofi Piala Dunia 2022

Walau timnya sedikit pincang, pelatih berdarah Jerman-Brasil itu sangat percaya diri bisa meraih juara lagi mengalahkan rival-rivalnya seperti timnas Indonesia, Vietnam, hingga Malaysia.

"Sangat jelas satu-satunya tujuan kami adalah memenangkan Piala AFF dan kami percaya punya kemampuan serta kualitas untuk melakukan itu. Satu yang berbeda dari tahun lalu dengan tahun ini adalah kami tidak punya skuad terkuat. Namun saya tidak ingin menggunakan itu sebagai alasan. Kami akan menang," ucap Polking dikutip dari The Thao247, Senin (19/12/2022).

Timnas Thailand berhasil membantai Myanmar dengan skor 6-0 dalam laga uji coba (Instagram/changsuek)

Padahal Mano Polking juga mengakui bahwa rival-rivalnya punya kekuatan yang mengerikan. Ia mengakui tiga negara, yakni Indonesia, Malaysia, dan Vietnam adalah pesaing terberat.

Baca Juga:
5 Penyebab Prancis Kalah Lawan Argentina di Final Piala Dunia 2022

Akan tetapi, Polking bisa percaya diri karena faktor kompetisi Liga Thailand dianggap lebih baik dari pesaingnya. Maka dari itu, ia yakin pemain Changsuek bisa berbicara banyak.

"Liga Thailand adalah yang terkuat di Asia Tenggara. Itu keunggulan kami. Meski tahun ini kami tidak memiliki tim terbaik, tapi kami pikir pemain ingin menang dan banyak pemain berpengalaman," tegasnya.

Adapun Thailand tergabung di Grup A Piala AFF 2022 bersama timnas Indonesia, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Sedangkan di grup lainnya adalah Vietnam, Malaysia, Myanmar, Singapura, serta Laos.

Baca Juga:
Meski Gagal Bawa Prancis Juara, Ini 5 Rekor Spesial Kylian Mbappe di Piala Dunia 2022

Load More