Arif Budi Setyanto
Lionel Messi selebrasi usai Argentina cetak gol. (Anne-Christine POUJOULAT / AFP)

Bolatimes.com - Berikut hasil pertandingan final Piala Dunia 2022 antara Argentina vs Prancis, Minggu (18/12/2022) di Lusail Stadium.

Argentina berhasil unggul dua gol lebih dulu di babak pertama. Penalti Lionel Messi dan sontekan Angel Di Maria membawa La Albiceleste menang 2-0.

Di babak kedua, Prancis berhasil bangkit. Tim Ayam Jantan mampu menyamakan kedudukan lewat gol dramatis Kylian Mbappe yang dicetak dalam waktu semenit saja.

Baca Juga:
Akui Sulit untuk Pertahankan Gelar Piala AFF 2022, Kapten Thailand Ogah Kalah dari Timnas Indonesia

Lanjut di extra time, Messi sempat membawa Argentina unggul. Namun Prancis bisa menyamakan dari gol Mbappe. Adu penalti dimenangkan oleh tim Tango.

Jalannya Pertandingan

Argentina mampu mengurung Prancis di menit-menit pertama. Skuad asuhan Lionel Scaloni mampu mendominasi pertandingan.

Baca Juga:
Tinggalkan TC Jelang Piala AFF 2022, Kiper Timnas Indonesia Dapat Perlakuan Istimewa dari Rekan Setim

Gol Argentina tercipta pada menit ke-22. Lionel Messi mencetak gol pembuka dari titik penalti.

Eksekusi penalti La Pulga sangat dingin. Meski tidak keras, bola sepakan Messi mampu mengecoh Hugo Lloris yang tidak bisa membaca arah bola.

Unggul satu kosong, Argentina tidak mengendurkan serangan. Hasilnya Angel Di Maria mampu menggandakan keunggulan menjadi 2-0 di menit ke-36.

Baca Juga:
Antisipasi Kalah Lawan Timnas Indonesia, Mano Polking Usung Misi Ini di 2 Laga Awal Piala AFF 2022

Skema gol kedua Argentina ini terbilang cantik karena berhasil membongkar pertahan Prancis lewat umpan-umpan pendek. Di Maria yang berhadapan dengan Lloris berhasil mencepliskan bola.

Tertinggal 2-0 gol membuat Prancis bereaksi. Didier Deschamp secara mengejutkan membuat dua pergantian, Olivier Giroud dan Moussa Dembele ditarik keluar.

Walau demikian, Prancis masih gagal menembus lini pertahanan Argentina di babak pertama. La Albicelesta unggul 2-0 di paruh pertama.

Baca Juga:
Mano Polking Mengaku Timnas Indonesia Lawan Terberat di Fase Grup Piala AFF 2022

Di babak kedua, Prancis berhasil bangkit. Tim Ayam Jantan lebih berani keluar untuk membongkar pertahanan Argentinga.

Upaya Prancis berbuah manis di menit ke-80an. Skuad asuhan Didier Deschamps mendapatkan hadiah penalti dan Mbappe berhasil menjebol gawang Emiliano Martinez.

Hebatnya semenit kemudian Prancis sukses mencetak gol lagi. Adalah Mbappe yang berhasil mencetak brace dan membuat skor 2-2.

Dalam waktu normal, skor imbang 2-2 berakhir dan pertandingan harus dilanjut ke perpanjangan waktu.

Nah, dalam babak extratime, Argentina kembali unggul. Gol Lionel Messi di menit ke-110 kembali membawa La Albiceleste unggul 3-2.

Akan tetapi, keunggulan Argentina tidak bertahan lama. Pasalnya Mbappe kembali menyamakan kedudukan menjadi 3-3. Alhasil pemenang laga harus ditentukan lewat adu penalti.

Di babak adu penalti, Argentina menang usai Coman dan Tchouaméni gagal mengeksekusi penalti.

Load More