Rauhanda Riyantama
Lionel Messi dan Kylian Mbappe saat duel Argentina vs Prancis di 16 besar Piala Dunia 2018. (AFP)

Bolatimes.com - Ada dua pemain yang memiliki kans besar untuk meraih gelar top skor Piala Dunia 2022. Pada partai final, dua kandidat terkuat yang bakal merengkuh gelar ini ialah Lionel Messi dan Kylian Mbappe.

Sejauh ini, Lionel Messi dan Kylian Mbappe berstatus sebagai pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2022. Mereka sama-sama mengumpulkan lima gol dari laga awal sampai jelang final.

Salah satu hal yang menjadi pertanyaan ialah bagaimana menentukan peraih gelar Golden Boot alias Pencetak Gol Terbanyak Piala Dunia 2022 jika koleksi dua pemain ini tak berubah pascapertandingan final.

Baca Juga:
Semringah jelang Piala AFF 2022 Lawan Kamboja, Shin Tae-yong Bongkar Alasannya

Menurut laman resmi FIFA, ada hitung-hitungan khusus yang nantinya bakal menentukan siapa pemain yang berhak meraih gelar Golden Boot Piala Dunia 2022.

Kylian Mbappe berhasil cetak dua gol saat Prancis kalahkan Portugal 3-1 di 16 besar Piala Dunia 2022. (AFP)

Jumlah gol saja tidak akan cukup untuk menjadi parameter. Sebab, untuk saat ini, jumlah assist dan menit bermain yang dicatatkan seorang pemain juga akan masuk dalam hitung-hitungan.

Kalkulasi semacam ini memang dirancang khusus oleh FIFA agar tidak ada lebih dari satu pemain yang berhak membawa pulang gelar Golden Boot Piala Dunia 2022.

Baca Juga:
Mano Polking Mengaku Timnas Indonesia Lawan Terberat di Fase Grup Piala AFF 2022

Sebab, pada sejumlah Piala Dunia edisi yang lampau, ada beberapa pemain yang secara bersama-sama meraih gelar pencetak gol terbanyak.

Pada Piala Dunia 1994, misalnya, terdapat dua pemain yang meraih gelar ini secara bersama, yakni Hristo Stoichkov (Bulgaria) dan Oleg Salenko (Rusia). Keduanya saat itu sama-sama mengemas empat gol.

Oleh karena itu, FIFA akhirnya merancang rumusan tersendiri untuk menentukan peraih gelar Golden Boot pada Piala Dunia 2022 ini.

Baca Juga:
Jelang Piala AFF 2022, Timnas Indonesia Ditinggal 1 Pemain di Posisi Kiper

Jika jumlah golnya sama, maka gelar Golden Boot Piala Dunia 2022 akan diberikan kepada pemain yang memiliki koleksi assist yang lebih banyak.

Namun, jika koleksi assist masing-masing pemain ini masih setara, maka parameter selanjutnya yang akan dihitung ialah menit bermain paling sedikit yang bakal menjadi peraih Golden Boot.

Lionel Messi merayakan kelolosan Argentina ke final Piala Dunia 2022. (AFP)

Untuk saat ini, Lionel Messi memang lebih cenderung diunggulkan sebagai calon peraih gelar Golden Boot Piala Dunia 2022 ketimbang Kylian Mbappe meski sama-sama mengoleksi lima gol.

Baca Juga:
Link Live Streaming Persis Solo vs Persib Bandung di BRI Liga 1 2022, Kick Off Sore Ini

Sebab, La Pulga memiliki koleksi assist yang lebih banyak, yakni tiga assist, berbanding dua milik Mbappe. Jika kondisi ini tak berubah pascalaga final Piala Dunia 2022, maka Messi bakal meraih Golden Boot Piala Dunia 2022.

Sementara itu, berbicara soal menit bermain, Messi sebetulnya punya catatan yang lebih banyak, yakni 570 menit, sedangkan Mbappe bermain selama 477 menit.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More