Arif Budi Setyanto
Pemain Timnas Malaysia, Dion Cools. (Instagram/@djcools21)

Bolatimes.com - Malaysia resmi mendaftarkan 23 pemain untuk Piala AFF 2022. Mengejutkannya Kim Pan-gon tidak menyertakan salah satu nama terbaiknya, Dion Cools.

Dion Cools merupakan bek naturalisasi andalan Malaysia. Namanya sebelumnya dipanggil oleh Kim Pan-gon untuk menjalani TC jelang Piala AFF 2022.

Akan tetapi, bek kanan berusia 26 tahun ini tidak bisa datang karena masih bersama klubnya, FK Jablonec. Kini Cools malah dicoret dari skuad Harimau Malaya.

Baca Juga:
3 Alasan Argentina Bisa Kalahkan Prancis di Final Piala Dunia 2022

Kabar ini diumumkan oleh situs resmi Federasi Sepak Bola Malaysia pada Jumat (16/12/2022). Cools tak masuk skuad Harimau Malaya karena alasan pribadi yang tidak dibeberkan lebih jelas.

"Ada lima pemain yang sebelumnya masuk daftar 28 nama yang tidak masuk ke skuad final, yaitu kiper Azri Ab Ghani, Kogileswaran Raj, Ramdhan Saifullah Usman, Aliff Izwan Yuslan, dan Dion Cools (karena urusan pribadi)," tulis pernyataan FAM.

Dion Cools tiba di Singapura untuk bela Malaysia. (Instagram/famalaysia)

Absennya Dion Cools bagi Malaysia ini mirip dengan timnas Indonesia yang tak bisa diperkuat juga oleh bek andalannya, Elkan Baggott.

Baca Juga:
3 Alasan Prancis Bisa Kalahkan Argentina, Jadi Juara Piala Dunia 2022

Sebab, Elkan Baggott lebih memilih untuk bertahan bersama Gillingham FC. Ditambah Piala AFF 2022 memang bukan ajang resmi FIFA, sehingga klub berhak untuk tidak melepasnya.

Meski demikian, tanpa Dion Cools Malaysia tetap harus diwaspadai. Pasalnya dalam dua laga uji coba jelang Piala AFF 2022 ini tim asuhan Kim Pan-gon tampil impresif.

Malaysia mampu mengalahkan calon lawan timnas Indonesia, Kamboja dengan skor 4-0. Terbaru Harimau Malaya menghajar Maladewa 3-0.

Baca Juga:
Profil Szymon Marciniak, Wasit yang Pimpin Final Piala Dunia 2022

Sementara itu, Malaysia tergabung di grup B Piala AFF 2022 bersama Vietnam, Myanmar, Singapura, dan Laos. Harimau Malaya berpotensi akan bertemu timnas Indonesia di fase gugur.

Load More