Rauhanda Riyantama
Pemain Maroko tertunduk lesu usai gagal ke final Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Kekalahan yang dialami Timnas Maroko dari Prancis pada babak semifinal Piala Dunia 2022 tak terlepas dari sejumlah alasan yang melatarbelakanginya.

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Al Bayt,Kamis (15/12/2022) dini hari WIB itu, Maroko digasak Prancis dua gol tanpa balas.

Dua gol Les Bleus ke gawang Singa Atlas dicetak oleh Theo Hernandez (5’) dan Randal Kolo Muani (79’). Dengan kekalahan ini, Prancis melenggang ke partai final.

Baca Juga:
Gara-gara Faktor Ini, Semua Kontestan Piala AFF 2022 Disebut Takut Hadapi Timnas Indonesia

Mereka akan menantang Argentina yang sukses mengandaskan Kroasia. Maroko pun harus puas memperebutkan tempat ketiga melawan Kroasia.

Kekalahan dari Prancis sebetulnya sudah tergambar jelas di atas lapangan. Ada sejumlah faktor penting yang menyebabkan skuad asuhan Walid Regragui tumbang dari Les Bleus pada duel kali ini.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang menyebabkan Maroko tumbang dari Prancis pada fase semifinal Piala Dunia 2022.

Baca Juga:
Tak Sia-sia Datang ke Qatar Dukung Argentina, Bintang Porno Ini Sindir Model Seksi Kroasia Lewat Unggahannya

1. Banyak Pemain yang Cedera

Tantangan tersulit yang dihadapi Maroko ketika menantang Prancis pada babak semifinal Piala Dunia 2022 tak terlepas dari absennya sejumlah pemain karena cedera.

Yang pertama, mereka kehilangan Nayef Aguerd. Sebenarnya, ia sempat masuk dalam daftar susunan pemain. Namun, sebelum kick-off, dia ditarik karena mengalami cedera saat pemanasan.

Baca Juga:
Ini Dia Bek Favorit Versi Jordi Amat, Ada Mantan Pemain Real Madrid

Selain itu, ada pula kapten Timnas Maroko, Romain Saiss, yang hanya bisa bertahan selama 21 menit di lapangan. Dia mengalami masalah kebugaran sebelum pertandingan. Ini membuktikan bahwa ia belum siap bermain.

2. Kebobolan Gol Cepat Theo

Salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi permainan Maroko pada laga ini ialah terciptanya gol cepat Theo Hernandez pada menit kelima.

Baca Juga:
Arsenal Tak Mau Tergelincir di Sisa Musim Liga Inggris, Pemain Sayap Shakhtar Donetsk Jadi Target Utama di Bursa

Akibat gol ini, permainan Maroko yang terkenal dengan pertahanannya dipaksa bermain terbuka untuk mengejar ketertinggalan.

Situasi ini jelas tidak menguntungkan Maroko. Mereka akhirnya terlihat lengah menghadapi serangan Les Bleus.

Tereksposnya sektor pertahanan ini menghadapi situasi puncak pada menit ke-79 ketika Prancis mencetak gol pengunci kemenangan via Randal Kolo Muani.

3. Kalah Kualitas Pemain

Faktor kualitas pemain sudah jelas-jelas memperlihatkan ketimpangan kekuatan antara Prancis dengan Maroko pada laga ini.

Anak asuh Didier Deschamps diperkuat dengan sejumlah pemain bintang Eropa seperti Ousmane Dembele, Olivier Giroud, Antoine Griezmann, hingga Kylian Mbappe.

Ketimpangan inilah yang sangat tampak pada pertandingan tersebut meski nama-nama pemain itu tidak mencetak gol.

Sebab, hadirnya pemain bintang Prancis sudah merepotkan para pemain Maroko. Kualitas mumpuni para pemain Les Bleus yang menjadi pembeda pada laga ini.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More