Muhammad Ilham Baktora
Kolase pelatih Gareth Southgate dan Thomas Tuchel

Bolatimes.com - Gareth Southgate masih ragu untuk menukangi Timnas Inggris setelah kekalahannya dari Prancis pada perempat final Piala Dunia 2022. Hal itu menjadi ancang-ancang manajemen The Three Lions untuk merekrut juru taktik baru.

Nama Thomas Tuchel kuat dikaitkan dengan penggantin pelatih 52 tahun itu. Meski demikian, Inggris masih punya banyak waktu sebelum memutuskan hal tersebut.

Seperti diketahui publik, Gareth Southgate cukup nyetel ketika menahkodai bahtera 11 pemain Inggris di level internasional. Bahkan federasi sepak bola Timnas Inggris (FA) belum bisa melepas kepergian Gareth Southgate berkat tangan dinginnya selama ini.

Baca Juga:
3 Klub Eropa yang Sumbang Pemain Terbanyak di Semifinal Piala Dunia 2022

Southgate berhasil mengantar Inggris hingga ke semifinal Piala Dunia 2018 lalu. Tak hanya itu dibantu Harry Kane dkk, The Three Lions mampu mencapai partai final Euro 2020. Namun harus tumbang oleh Italia lewat adu penalti.

Keraguan Southgate untuk terus membawa Inggris kampiun Piala Dunia tak bisa dianggap santai oleh FA. Sehingga nama seperti Thomas Tuchel masuk dalam kandidat untuk menggantikan peran Southgate.

Tuchel yang sempat melatih Chelsea, saat ini menganggur dari kepelatihan sepak bola. Ia didepak dari Stamford Bridge setelah gagal memoleh The Blues di awal kompetisi 2022/2023.

Baca Juga:
Gagal Boyong Gelar di BWF World Tour Finals 2022, Anthony Ginting Dinilai Masih Kurang Sabar

Prestasinya selama ini cukup menjanjikan. Tuchel juga membawa Chelsea mengangkat trofi Liga Champions 2020/2021. Tak hanya itu, ia juga menjuarai Piala Dunia antar klub pada musim 2021/2022.

Melansir dari The Sun, Selasa (13/12/2022), Thomas Tuchel siap menempati posisi Gareth Southgate ketika pelatih asal Watford, Inggris ini memutuskan hengkang.

"Ya mengapa harus menolak?, saya tertarik menangani tim nasional. Tapi kalau sekarang tak sampai berpikir ke sana," selorohnya.

Baca Juga:
4 Fakta Menarik Jelang Duel Argentina vs Kroasia di Semifinal Piala Dunia 2022

Tuchel juga akan mempertimbangkan tim mana yang nantinya akan dia latih. Sehingga tak asal sepakat untuk melatih tim nasional.

"Saya perlu mempertimbangkan, apakah itu tim yang tepat dan memiliki potensi untuk menjuarai Piala Dunia atau Euro," terangnya.

Tak hanya Tuchel saja yang jadi kandidat untuk skuad The Three Lions. Dari laporan Daily Mail, nama seperti Mauricio Pochettino, Brendan Rodgers dan Steve Holland masuk dalam incaran FA.

Kendati begitu masih ada waktu panjang bagi federasi untuk memastikan bagaimana masa depan Inggris di tangan pelatih berpengalaman. Yang jelas, memastikan dahulu Southgate untuk bertahan atau hengkang dari tanah Inggris merupakan langkah awal.

Load More