Muhammad Ilham Baktora
Selebrasi Ivan Perisic usai cetak gol saat Kroasia kalahkan Jepang di babak 16 besar Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Pertemuan antara Kroasia dan Argentina dalam semifinal Piala Dunia 2022, akan tersaji di Stadion Lusail, Qatar, Rabu (14/12/2022) pukul 02.00 WIB.

Masing-masing tim memiliki ambisi yang sama untuk lolos ke final di pertandingan sarat gengsi ini. Kedua tim juga akan memberikan performa terbaiknya dan tak akan mengalah.

Memang Argentina menjadi negara yang lebih banyak diunggulkan sejauh ini. Meski begitu, Kroasia tak bisa dianggap remeh. Pasalnya, pada perhelatan empat tahun lalu, Luka Modric cs berhasil lolos hingga ke final Piala Dunia 2018, meskipun harus mengubur mimpinya menjadi juara saat kalah dari Prancis.

Baca Juga:
Thailand Buka Opsi Pasang Dua Striker di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia Perlu Waspada

Kroasia bisa jadi menang dari Argentina pada laga nanti malam, ini empat alasan besar skuad asuhan Zlatko Dalic bisa meraih kemenangan dari La Albiceleste.

1. Belum terkalahkan

Kroasia menjadi salah satu Timnas yang belum pernah sekali kalah selama Piala Dunia 2022 bergulir. Skuad Vatreni hanya menang 1 kali dan bermain imbang pada fase grup.

Baca Juga:
Cara Kim Pan-gon Persiapkan Malaysia di Piala AFF 2022 Mirip dengan Shin Tae-yong

Sementara di babak 16 besar menghadapi Jepang, menang adu penalti. Lanjut ke babak perempat final saat menghadapi Brasil, Kroasia kembali menang lewat adu penalti.

Berbeda dengan Argentina, Lionel Messi dkk harus terseok-seok dulu sebelum lolos ke babak 16 besar. Argentina kalah menyakitkan dari tim medioker Arab Saudi.

2. Tajam di lini tengah

Baca Juga:
Jadwal Liga 1 Hari Ini: Ada Duel PSIS Semarang vs Persija Jakarta

Kroasia memiliki kemampuan menyerang yang tajam. Pasalnya membangun dari lini tengah sudah cukup matang. Memang kualitas di lini tengah Vatreni tak bisa dianggap sembarangan.

Apalagi Luka Modric yang menempati lini tengah menjadi kreator dalam membangun serangan. Tak hanya dia, nama seperti Mateo Kovacic dan Marcelo Brozovic menjadi pemain yang membantu daya gedor Kroasia.

3. Argentina tak beruntung bertemu tim Eropa

Selebrasi pemain Argentina usai lolos ke semifinal Piala Dunia 2022. (AFP)

Lionel Messi dkk dianggap kurang beruntung ketika bertemu tim-tim Eropa di Piala Dunia. Tercatat dari tujuh pertandingan terakhirnya, hanya satu kali memenangkan laga di 90 menit waktu normal.

Argentina menang dua kali pada adu penalti saat babak tos-tosan menghadapi tim Eropa.

4. Menang di dua laga terakhir bertemu Argentina

Kroasia bisa lebih percaya diri dari 3 pertandingan terakhir mengadapi Argentina. Pasalnya, Kroasia dua kali menang dan satu kali kalah menghadapi Albiceleste.

Tiga pertemuan terakhir Argentina vs Kroasia:

22/06/2018: Argentina vs Kroasia 0 - 3
13/11/2014: Argentina vs Kroasia 2 - 1
02/03/2006: Kroasia vs Argentina 3 - 2

Load More