Rauhanda Riyantama
Harry Kane gagal eksekusi penalti saat Inggris kalah lawan Prancis 1-2 di perempat final Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Timnas Inggris kembali menelan pil pahit usai tersingkir dari Piala Dunia 2022, kekalahan tipis dari Prancis membuat Harry Kane dkk pulang tanpa gelar.

Seiring kepulangan timnas Inggris dari Piala Dunia 2022, terdapat fakta menarik seputar pencetak gol terbanyak dari pemain andalan The Three Lions.

Tersingkirnya Inggris dari Piala Dunia 2022 tak lepas dari gagalnya eksekusi penalti Harry Kane, kesempatan menambah torehan gol yang disia-siakan.

Baca Juga:
Argentina Terancam Sanksi FIFA, Lionel Messi Absen di Laga Lawan Kroasia?

Meski begitu, Kane tetap masuk jajaran pemain Inggris dengan gol terbanyak di Piala Dunia meski gagal mencetak gol lewat penalti.

Lantas siapa saja para pemain pencetak gol terbanyak untuk timnas Inggris di Piala Dunia? berikut ini lima di antaranya.

1. Gary Lineker

Baca Juga:
Jelang Piala AFF 2022, Ketum PSSI Umumkan Kabar Baik untuk Timnas Indonesia

Hingga saat ini masih belum ada pemain timnas Inggris yang mampu menyamai torehan gol Gary Lineker untuk skuad timnas Inggris di Piala Dunia.

Total sudah 10 gol yang ditorehkan Lineker medio 1986 hingga 1990 dan membuatnya berstatus top skor sepanjang masa Inggris di Piala Dunia.

Menariknya pada edisi 1990, Lineker sukses mencetak empat gol dan mampu mengantarkan Inggris mencapai babak semifinal.

Baca Juga:
Profil Mateu Lahoz, Wasit yang Pulang Kampung usai Dikritik Lionel Messi di Piala Dunia 2022

2. Harry Kane

Kane bisa jadi biang kerok kekalahan Inggris dari Prancis, eksekusi penaltinya gagal dan membuat skor 1-2 untuk keunggulan Les Blues.

Sekaligus memastikan kepulangan Inggris dari Piala Dunia 2022, namun catatan 6 gol di Piala Dunia 2018 membawa Kane sebagai pemain terdekat pemecah rekor.

Baca Juga:
Termasuk Maroko, Ini 5 Negara Afrika yang Paling Sering Kalahkan Wakil Eropa di Piala Dunia

Striker Tottenham Hotspur ini total sudah mengemas 8 gol di Piala Dunia untuk timnas Inggris, hanya butuh 2 gol lagi untuk menyamai Lineker.

3. Geoff Hurst

Meski bukan pencetak gol terbanyak Inggris di Piala Dunia, Geoff Hurst menjadi salah satu paling yang tampil gemilang saat juara di Piala Dunia 1966.

Dalam edisi itu, Geoff sukses mencetak empat gol dengan hattrick di partai final melawan Jerman, meskipun kualitasnya tak selalu sama.

Di Piala Dunia 1970 Meksiko, Geoff kembali memperkuat tim berjuluk Tiga Singa namun hanya mampu mencetak satu gol di fase grup.

4. Bobby Charlton

Bobby Charlton bermain di empat edisi berbeda Piala Dunia sejak 1958 hingga 1970 meski di debutnya tidak mendapat menit bermain yang cukup.

Pertama kali mencetak gol di Piala Dunia 1962 ke gawang Argentina, kemudian tampil gemilang di edisi 1966 dengan raihan gelar juara dan tiga gol.

Hingga puncaknya nir gol di Piala Dunia 1970 yang sekaligus menjadi kontribusi terakhirnya untuk Inggris di ajang ini.

5. Michael Owen

Di tahun 1998, timnas Inggris hadir di Piala Dunia dengan salah satu pemain terbaik sekaligus termuda di skuad Tiga Singa, dialah Michael Owen.

Debut Owen di Piala Dunia saat usianya masih 18 tahun, dua gol tercipta ke gawang Rumania dan Argentina empat tahun berselang kiprahnya kembali dimulai.

Dua gol Owen membawa Inggris mencapai perempat final Piala Dunia 2002 sebelum mengakhiri kariernya di Piala Dunia 2006 dan gagal mencetak satu gol pun di ajang itu.

Kontributor: Eko
Load More