Rauhanda Riyantama
Selebrasi Youssef En-Nesyri usai cetak gol saat Maroko kalahkan Portugal 1-0 di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Penyerang timnas Maroko, Youssef En-Nesyri, menjadi bintang kemenangan timnya setelah menjebol gawang Portugal di babak perempat final Piala Dunia 2022.

Dalam duel babak besar Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Stadion Al-Thumama, Qatar, Minggu (11/12/2022) dini hari WIB, Youssef En-Nesyri sukses mencetak satu-satunya gol Maroko ke gawang Portugal.

Momen gol yang dicetak oleh Youssef En-Nesyri ini terjadi ketika duel antara Maroko versus Portugal menginjak menit ke-26. 

Baca Juga:
Kesal Dikalahkan Argentina di Perempat Final, Van Dijk Tak Lagi Tertarik Nonton Piala Dunia 2022

Lewat skema serangan balik, Maroko akhirnya sukses memecah kebuntuan. Menyambut umpan lambung Attiat-Allah, En-Nesyri mengubah papan skor menjadi 1-0 yang bertahan hingga turun minum.

Dengan gol tunggalnya itu, En-Nesyri menorehkan sejarah baru, yaitu membawa Maroko sebagai wakil Afrika pertama yang akan tampil di semifinal Piala Dunia. 

Di babak semifinal, Maroko sudah ditunggu lawan tangguh lainnya, yakni sang juara bertahan Prancis pada Kamis (15/12/2022) pukul 02.00 dini hari WIB. Sebelumnya Les Blues lolos ke semifinal usai taklukkan Inggris 2-1.

Baca Juga:
Pemain Naturalisasi Indonesia Pamerkan Cara Kalahkan Maroko

Profil Youssef En-Nesyri

Youssef En-Nesyri merupakan pesepak bola kelahiran Fez, Maroko, pada 1 Juni 1997. Sebagian besar karier sepak bolanya dihabiskan di Spanyol.

Namun, dia awalnya menimba ilmu bersama sejumlah akademi di Maroko, mulai dari Maghreb de Fes (2010-2011) dan Mohammed VI Football Academy (2011-2015).

Baca Juga:
Curhatan Neymar usai Brasil Tersingkir dari Piala Dunia 2022: Kekalahan Menyakitikan sepanjang Karier Saya

Pada mulanya, dia direkrut oleh Malaga dengan biaya transfer sebesar 125 ribu euro pada 0215. Awalnya, dia bermain bersama skuad Juvenil atau Malaga B.

Debutnya tim tim senior tercipta pada 16 April 2016, sekaligus mencetak gol perdana ke gawang Guadix CF pada ajang Tercera Division, kompetisi kasta keempat di Spanyol.

Salah satu catatan apiknya ialah ketika En-Nesyri mendapat kesempatan bergabung dengan tim utama Malaga pada ajang pramusim. 

Baca Juga:
Sama-sama Melaju ke Semifinal Piala Dunia 2022, Hakimi dan Mbappe Berbalas Unggahan di Media Sosial

Pada laga uji coba, dia sukses mencetak gol. Performa ini membuat manajemen bergerak untuk memperpanjang kontraknya hingga 2020.

Debut profesionalnya bersama Malaga di ajang La Liga tercipta pada duel melawan RCD Espanyol yang berakhir imbang 2-2.

Sejak saat itu, dia melanjutkan kariernya di Negeri Matador bersama klub lainnya, mulai dari Leganes (2018-2020) hingga Sevilla (2020-sampai sekarang).

Di level tim nasional, En-Nesyri sudah mewakili timnas Maroko U-20. Dia baru mencatatkan debut bersama timnas Maroko (senior) yang saat itu diasuh oleh Herve Renard.

Dia sempat menjadi pemain andalan Maroko di ajang Piala Afrika 2017 dan mencetak gol pada laga penyisihan grup melawan Togo.

Setelah sempat tampil pada Piala Dunia 2018, En-Nesyri sukses menciptakan sejarah besar bersama Maroko pada Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar.

Sebab, dia mencetak satu-satunya gol pada laga melawan Portugal pada fase perempat final untuk membawa Maroko menjadi tim Afrika pertama yang lolos ke semifinal Piala Dunia.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More