Rauhanda Riyantama
Potret kiper Kroasia, Dominik Livakovic saat menggagalkan tendangan penalti pemain Jepang di babak 16 besar di Piala Dunia 2022, Senin (5/12/2022). (Twitter/@Box2BoxBola)

Bolatimes.com - Berikut lima kiper yang menjadi kandidat kuat peraih penghargaan kiper terbaik atau Golden Glove Piala Dunia 2022.

Sama seperti edisi sebelum-sebelumnya, Piala Dunia 2022 ini menghadirkan beragam penghargaan yang diberikan kepada setiap individu pemain yang bermain di dalamnya.

Tercatat di edisi kali ini, FIFA selaku penyelenggara Piala Dunia 2022 menghadirkan empat penghargaan bergengsi bagi setiap pemain.

Baca Juga:
Sedikit Menit Bermain di Chelsea, Bintang Maroko Ini Mulai Dilirik Setan Merah ke Old Trafford

Penghargaan itu antara lain Golden Ball untuk pemain terbaik, Golden Boot untuk pencetak gol terbanyak, Young Player Award untuk pemain muda terbaik, dan Golden Glove untuk kiper terbaik.

Dari sekian penghargaan yang ada, penghargaan Golden Glove atau kiper terbaik menjadi salah satu yang diperbincangkan saat ini.

Pasalnya, di Piala Dunia 2022 ini banyak kiper yang tampil apik sehingga membuat persaingan untuk memperebutkan penghargaan ini terbuka lebar.

Baca Juga:
Tampil Apik di Piala Dunia 2022, 5 Negara Ini Raih Poin Paling Banyak di Ranking FIFA

Setidaknya ada lima kiper yang menjadi kandidat peraih penghargaan Golden Glove di Piala Dunia 2022 ini. Siapa saja penjaga gawang tersebut? Berikut daftarnya.

1. Jordan Pickford (Inggris)

Kiper Timnas Inggris, Jordan Pickford. (AFP)

Kiper utama Timnas Inggris, Jordan Pickford, menjadi kiper terdepan yang berpotensi meraih penghargaan Golden Glove saat ini.

Baca Juga:
Hasil Liga 1: PSS Sleman Kian Dekati Zona Degradasi usai Dikalahkan Madura United

Hal ini terlihat dari catatannya. Selama empat kali bertanding hingga babak 16 besar, kiper milik Everton itu telah mencatatkan tiga Clean Sheets dan baru kebobolan dua gol.

2. Alisson Becker (Brasil)

Weverton masuk menggantikan Alisson Becker saat Brasil kalahkan Korea Selatan 4-1 di Piala Dunia 2022. (Twitter)

Peraih Yashin Trophy pertama pada 2019 lalu, Alisson Becker juga menjadi kandidat kuat peraih Golden Glove di Piala Dunia 2022 ini.

Baca Juga:
Hasil Liga 1: Bungkam Persita Tangerang 3-1, PSM Makassar Kokoh di Puncak

Kiper utama Timnas Brasil ini telah bermain sebanyak tiga kali hingga babak 16 besar dan mampu mencetak dua Clean Sheets dan baru kebobolan satu gol saja.

3. Dominik Livakovic (Kroasia)

Kiper Timnas Kroasia, Dominik Livakovic. (AFP)

Pahlawan Kroasia di babak 16 besar, Dominik Livakovic, juga menjadi kandidat kuat peraih Golden Glove di Piala Dunia 2022 ini dengan catatan dua Clean Sheets dalam empat laga dan kebobolan dua gol.

Torehan ini bisa saja bertambah jika ia mampu mengamankan gawangnya dari kebobolan saat melawan Brasil. Sehingga Livakovic dan Alisson pun harus bersaing untuk menentukan siapa peraih gelar ini.

4. Andries Noppert (Belanda)

Kiper Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Andries Noppert. (Twitter)

Kiper debutan Belanda, Andries Noppert, diam-diam menjadi penantang Golden Glove berkat aksi gemilangnya di Piala Dunia 2022 ini.

Pemain dengan postur tertinggi di Piala Dunia 2022 ini telah mencatatkan dua Clean Sheets dalam empat laga dan baru kebobolan dua gol saja.

5. Emiliano Martinez (Argentina)

Kiper Timnas Argentina, Emiliano Martinez. (AFP)

Dibandingkan daftar kiper kandidat peraih Golden Glove di Piala Dunia 2022 ini, Emiliano Martinez menjadi kiper yang paling kerap kebobolan, dengan kemasukan tiga gol.

Namun dalam empat laga yang telah dimainkannya, kiper andalan Argentina ini telah mencetak dua Clean Sheets dan membuatnya masuk dalam daftar ini.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More