Rauhanda Riyantama
Sujud syukur pemain Timnas Maroko usai lolos ke perempat final Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Berikut lima negara yang meraih poin paling banyak di ranking FIFA usai tampil apik sepanjang gelaran Piala Dunia 2022 ini.

Di Piala Dunia 2022 ini, seluruh kontestan yang bertanding tak hanya berusaha memperebutkan gelar juara, melainkan memperbaiki ranking FIFA.

Karena Piala Dunia 2022 masuk dalam kalender resmi FIFA, maka setiap negara yang mampu meraih kemenangan bisa mendapat banyak poin untuk memperbaiki ranking.

Baca Juga:
Hasil Liga 1: PSS Sleman Kian Dekati Zona Degradasi usai Dikalahkan Madura United

Ranking atau posisi yang lebih baik di mata FIFA akan memudahkan negara-negara anggota untuk bermain di sebuah ajang di bawah naungan induk sepak bola dunia tersebut.

Tak pelak, di Piala Dunia 2022 ini beberapa negara mengejar kemenangan atas lawan-lawannya, terutama lawan-lawan berat atau yang berada di ranking teratas agar mendapat perolehan poin yang masif.

Sepanjang Piala Dunia 2022 ini, sebanyak lima negara peserta berhasil meraih banyak poin sehingga mengatrol posisinya di ranking FIFA.

Baca Juga:
Hasil Liga 1: Bungkam Persita Tangerang 3-1, PSM Makassar Kokoh di Puncak

Kira-kira, negara mana saja yang panen poin di Piala Dunia 2022 ini? Berikut daftarnya.

5. Kamerun

Penyerang Kamerun, Eric Maxim Choupo-Moting, merayakan dengan rekan setimnya setelah mencetak gol ketiga timnya ke gawang Serbia dalam laga Grup G Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion Al-Janoub di Al-Wakrah, selatan Doha pada 28 November 2022. (AFP/Anne-Christine Poujoulat)

Kamerun memang harus tersingkir lebih cepat di Piala Dunia 2022, setelah hanya menempati peringkat ketiga grup G yang berisikan Brasil, Swiss, dan Serbia.

Baca Juga:
Hasil BWF World Tour Finals 2022: Drama Rubber Game, Jonatan Christie Libas Loh Kean Yew

Tapi, Kamerun mendapat poin masif di Piala Dunia 2022 ini, terlebih lagi setelah mengalahkan Brasil di laga terakhir grup G.

Kemenangan atas Brasil, hasil imbang atas Serbia, dan kekalahan dari Swiss membuat Kamerun meraih 27,85 poin dan membuat posisi Indomitable Lions naik dari posisi 43 ke posisi 33.

4. Kroasia

Baca Juga:
Ngamuk Gara-gara Cristiano Ronaldo Dicadangkan, Georgina Rodriguez Kritik Fernando Santos

Kroasia merupakan salah satu negara yang berada di peringkat 15 besar FIFA. Meski posisinya cukup tinggi, Vatreni tak melewatkan kesempatan untuk memperbaiki ranking di Piala Dunia 2022 ini.

Kroasia yang hanya menjadi Runner Up grup F, mampu meraih 29,13 poin hingga membuat Vatreni mampu naik dua peringkat dari posisi ke-12 menjadi posisi ke-10.

Raihan poin sebesar ini didapatkan karena Kroasia menjadi salah satu dari empat negara yang belum terkalahkan di Piala Dunia 2022 ini. Raihan poin ini pun diyakini akan bertambah jika Vatreni bisa mengalahkan Brasil di perempat final.

3. Jepang

Selebrasi pemain Timnas Jepang usai lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. (AFP)

Jepang juga panen poin sepanjang Piala Dunia 2022 ini. Apalagi dengan kejutan yang Samurai Biru ciptakan di ajang ini.

Keberhasilan mengalahkan Jerman dan Spanyol di babak grup dan kekalahan yang diterima dari Kosta Rika dan Kroasia membuat Jepang meraup 33,57 poin.

Tambahan poin sebesar itu lantas membuat Jepang mengatrol posisinya di ranking FIFA, dari yang sebelumnya di peringkat ke-24 menjadi peringkat ke-20.

2. Australia

Wakil AFC lainnya, Australia, juga panen poin di Piala Dunia 2022 ini. Apalagi setelah kesuksesan Socceroos menembus babak 16 besar.

Australia diketahui mengoleksi 45,38 poin sepanjang Piala Dunia 2022 ini berkat kemenangannya atas Tunisia dan Denmark di fase grup.

Berkat raihan poin tersebut, Australia naik sampai 11 posisi di ranking FIFA, dari yang semula di posisi ke-38 menjadi posisi ke-27.

1. Maroko

Selebrasi Achraf Hakimi bersama pemain Maroko usai lolos ke perempat final Piala Dunia 2022. (AFP)

Berbicara soal negara kejutan yang bisa meraup banyak poin di Piala Dunia 2022 ini, tentu Maroko menjadi jawabannya.

Pasalnya, Singa Atlas mampu meraup poin sebanyak 75,22 poin sehingga naik dari posisi 22 dunia ke posisi 14 berkat sepak terjangnya.

Poin sebesar ini didapatkan Maroko setelah mengalahkan Belgia, Kanada, dan Spanyol, serta bermain imbang dengan Kroasia di Piala Dunia 2022 ini.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More