Rauhanda Riyantama
Sujud syukur pemain Timnas Maroko usai lolos ke perempat final Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Piala Dunia 2022 memasuki babak perempat final, di mana terdapat dua kontestan yang berstatus kuda hitam yang siap meramaikan pesta perebutan gelar juara di Qatar.

Tersingkirnya Jerman, disusul Spanyol menjadi kejutan tersendiri Piala Dunia 2022 meskipun Qatar tak sampai di situ membuat jantung penggemar berdebar.

Memasuki babak perempat final Piala Dunia 2022, Qatar lahirkan dua kontestan berstatus kuda hitam yang siap cetak sejarah di ajang empat tahunan ini.

Baca Juga:
BWF World Tour Finals 2022: Apriyani/Fadia Bongkar Kunci Kemenangan atas Wakil Malaysia

Biasa rasanya jika melihat Argentina, Brasil dan Prancis sukses mengamankan tiket ke babak perempat final Piala Dunia 2022.

Namun beda cerita jika tim yang memastikan tiket ke babak tersebut di luar ekspektasi, setidaknya ada dua tim yang berstatus kuda hitam saat ini.

Kroasia lagi-lagi menjadi salah satu tim kuda hitam di Piala Dunia 2022, status runner-up di Piala Dunia 2018 saja rasanya tak cukup menaikkan pamor negara ini.

Baca Juga:
Ditinggal Banyak Pemain Malaysia, Kim Pan-gon 'Tiru' Cara Shin Tae-yong di Timnas Indonesia

Padahal Kroasia diisi sederet pemain kondang, termasuk Luka Modric dan Dominik Livakovic yang namanya tengah banyak diperbincangkan.

Anak asuh Zlatko Dalic melaju ke babak perempat final Piala Dunia 2022 usai mengandaskan perlawanan Jepang lewat adu penalti di babak 16 besar.

Jepang sedikit menyusahkan Kroasia usai bermain imbang dengan skor 1-1 hingga babak tambahan selesai, Kroasia pun menunjukkan tajinya dalam adu tos-tosan.

Baca Juga:
Modal Pede, Gregoria Mariska Tunjung Kalahkan Unggulan China di BWF World Tour Finals 2022

Tiga bola hasil sepakan eksekutor Jepang digagalkan Livakovic, bahkan hingga babak 16 besar kiper ini baru kebobolan dua kali.

Tentu saja skuad Vatreni saat ini memiliki rasa percaya diri besar menyambut perempat final berhadapan dengan Brasil pada Jumat (9/12/2022).

Selebrasi Achraf Hakimi bersama pemain Maroko usai lolos ke perempat final Piala Dunia 2022. (AFP)

Di tempat pertama, tim kuda hitam yang sangat dijagokan merusak tatanan kasta di Piala Dunia 2022 adalah Maroko.

Baca Juga:
Dicadangkan saat Portugal Gempur Swiss, Ronaldo Angkat Topi Buat Talenta Muda yang Antarkan Tim ke Perempat Final

Maroko menjadi tim terbaru yang lolos ke babak perempat final, sekaligus catatan bersejarah bagi tim berjuluk Singa Atlas ini.

Spanyol pun dibuat tak berdaya dalam adu penalti, Yassine Bounou sukses menggagalkan tiga tendangan dari eksekutor tim Matador.

Statistik Bounou bahkan lebih baik dari kiper Kroasia, hingga fase grup sampai babak 16 besar Piala Dunia 2022 baru kebobolan satu gol.

Itupun akibat gol bunuh diri dari Nayef Aguerd di babak penyisihan grup melawan Kanada meski akhirnya memastikan kemenangan 2-1.

Kontributor: Eko
Load More