Arif Budi Setyanto
Selebrasi Pemain Timnas Korea Selatan usai lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022. (AFP/Glyn Krik)

Bolatimes.com - Korea Selatan atau Korsel lolos dramatis ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Portugal dalam matchday terakhir Grup H dengan skor 2-1 pada Jumat (2/12/2022).

Secara mengejutkan Korsel menang 2-1 atas Portugal meski tertinggal gol Ricardo Horta lebih dulu. Pasalnya Taeguk Warriors membalasnya lewat Kim Young-gwon dan Hwang Hee-chan.

Di sisi lain, Uruguay sejatinya mampu menang 2-0 atas Ghana dan perolehan mereka sama dengan Korsel. Sayangnya Luis Suarez dkk kalah dalam agresivitas gol.

Baca Juga:
Piala AFF 2022: Jordi Amat Tak Sabar Persembahkan Kemenangan Timnas Indonesia di Hadapan Suporter

Situasi kelolosan Korsel ini hampir mirip dengan edisi Piala Dunia 2018. Saat itu, Taeguk Warriors mengalahkan juara bertahan Jerman dengan skor 2-0.

Maka dari itu, Son Heung-min teringat kala Korsel dilatih oleh Shin Tae-yong. Walau begitu, bintang Tottenham Hotspur ini mengucapkan kondisinya berbeda.

Sebab, di Piala Dunia 2022 ini Korsel berhasil lolos ke 16 besar. Sedangkan edisi sebelumnya, Taeguk Warriors gagal melanjutkan perjuangannya.

Baca Juga:
Terpaksa Absen di Piala AFF 2022, Dimas Drajad Punya Permintaan Khusus untuk Timnas Indonesia

Kandidat pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. [ROMAN KRUCHININ / AFP]

"Kami mengalahkan Jerman 2-0 dan jika Meksiko memenangkan pertandingan, mungkin kami akan lolos. Tapi kali ini berbeda jadi kami menunggu hasil pertandingan lainnya," ucap Son dikutip dari Mirror pada Minggu (4/12/2022).

Saat menunggu hasil laga Uruguay melawan Ghana, Son Heung-min sempat mengatakan kepada rekan setimnya bahwa ia bangga dengan perjuangan pemain Taeguk Warriors.

Pada akhirnya laga Uruguay melawan Ghana berakhir dengan skor 2-0. Darwin Nunez dkk tak mampu menambah satu gol yang membuat Korsel lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Baca Juga:
Asnawi Mangkualam Akui Sudah Pulih dari Cedera, Siap Bela Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Itulah yang membuat Son Heung-mi mengatakan situasi Korsel berbeda kala dilatih Shin Tae-yong dibandingkan pada edisi Piala Dunia 2022 ini.

Adapun Korsel sendiri sudah ditunggu lawan berat di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Taeguk Warriors bakal melawan Brasil yang merupakan tim favorit juara.

Baca Juga:
Kabar Buruk Timnas Indonesia Jelang Piala AFF 2022, Elkan Baggott Alami Cedera saat Gillingham FC Kalah Menyakitkan

Load More