Rauhanda Riyantama
Pemain legendaris asal Brasil, Pele [AFP]

Bolatimes.com - Pele menjadi salah satu legenda sepak bola termashyur karena berhasil mendapat tiga gelar Piala Dunia. Namun sayangnya, ia tak pernah mendapat satu pun gelar Ballo d'Or.

Sepanjang karier sepak bolanya selama 21 tahun, Pele mengukir rekor yang sulit dikejar pemain lain, salah satunya meraih tiga gelar juara Piala Dunia. 

Pele meraih gelar Piala Dunia edisi 1958, dilanjutkan edisi 1962 dan terakhir Piala Dunia 1970. Pele juga berstatus sebagai pencetak gol terbanyak Brasil sepanjang masa. 

Baca Juga:
Terpaksa Absen di Piala AFF 2022, Dimas Drajad Punya Permintaan Khusus untuk Timnas Indonesia

Dilansir dari AS, Pele juga tercatat dalam buku rekor dunia dengan 1279 gol dalam 1363. FIFA pun memberinya anugrah sebagai yang terhebat dari yang terhebat. 

Meski meraih tiga gelar Piala Dunia, Pele selama 21 tahun karier di sepak bola ternyata tak pernah satu kali pun meraih gelar Ballon d'Or

Bagaimana mungkin seorang Pele kalah dari Messi dengan 7 gelar Ballon d'Or dan Cristiano Ronaldo yang punya 5 gelar. 

Baca Juga:
Belanda vs Argentina di Perempat Final Piala Dunia 2022: Misi Balas Dendam De Oranje

Sekedar informasi, Ballon d'Or merupakan penghargan untuk pesepak bola terbaik di dunia. Penghargaan ini pertama kali diadakan pada 1956 oleh France Football

Antara 2010 dan 2015, gelar ini kemudian disatukan dengan penghargaan pemain terbaik FIFA yang kemudian dikenal dengan sebutan FIFA Ballon d'Or. 

Ironis, Pele tak pernah satu kalipun meraih gelar ini. Lantas apa penyebab Pele tak pernah mendapat gelar tersebut? 

Baca Juga:
Klasemen Terkini Liga 1 2022 Jelang Dilanjutkan: Borneo FC di Puncak, Persib dan Persija Tercecer di Luar 5 Besar

Pele menjalani debut untuk Santos bersamaan dengan Ballon d'Or pertama kali digulirkan. Namun awalnya penghargaan ini hanya untuk pemain yang bermain di Eropa. 

Setelah habiskan 18 tahun di Santos, Pele kemudian bermain di New York Cosmos. Dari 1995 hingga 2007, hanya sedikit pemain non Eropa yang meraih gelar Ballon d'Or. 

Sampai ia pensiun dan tak lagi bermain bola, Pele tak pernah sekalipun meraih gelar ini. Namun O Rei dapat gelar hiburan. 

Baca Juga:
Jadwal Lanjutan Liga 1 2022: Duel Bhayangkara FC vs PSS Sleman Jadi Laga Pembuka

Pele mendapat FIFA Ballon d'Or Prix d'Honneur, sebagai pengakuan dari FIFA atas kontribusi Pele di sepak bola dunia. 

Menariknya, France Football pada 2015 sempat membuat penelitian yang menyimpulkan bahwa Pele bisa merai 7 gelar Ballon d'Or selama kariernya. 

Load More