Husna Rahmayunita | Rully Fauzi
Pemain Korea Selatan Kim Young-Gwon menjebol gawang Portugal dalam pertandingan ketiga Grup H Piala Dunia 2022 di Educational City Stadium, Jumat (2/12/2022). [AFP]

Bolatimes.com - Keberhasilan Timnas Korea Selatan menembus babak 16 besar Piala Dunia 2022, menyusul Jepang dan Australia menjadi sejarah baru. Tiga wakil Asia akan mentas di fase knockout pesta akbar sepak bola.

Korea Selatan membuat kejutan usai berhasil mengalahkan Portugal di matchday terakhir Grup H dengan skor 2-1, Sabtu (2/12/2022) malam.

Portugal sempat unggul cepat melalui gol dari Ricardo Horta, akan tetapi Korea Selatan sukses melakoni comeback lewat gol-gol dari Kim Young-gwon dan Hwang Hee-chan.

Berkat kemenangan ini, Korea Selatan lolos ke babak 16 besar dengan status runner-up Grup H dengan torehan 4 poin, hanya unggul dalam aspek jumlah gol memasukkan atas Uruguay yang finisi di urutan ketiga meski menang 2-0 lawan Ghana pada pertandingan yang digelar bersamaan.

Dengan demikian, Korea Selatan jadi tim ketiga asal Asia yang berhasil melaju ke 16 besar Piala Dunia 2022. Dua tim lain yang lebih dulu membuat kejutan adalah Jepang dan Australia.

Jepang bahkan menjuarai grup E yang dihuni Spanyol dan Jerman. Sedangkab Australia lolos ke babak berikutnya usai keluar sebagai runner up grup D setelah menang atas Denmark di laga penentuan.

Mengutip WhoScored, ini jadi pertama kalinya sepanjang sejarah Piala Dunia bahwa ada tiga tim sekaligus dari konfederasi AFC yang bakal tampil di fase gugur dalam satu edisi turnamen.

Bagi The Taeguk Warriors --julukan Timnas Korea Selatan-- ini mengulang kesuksesan mereka pada Piala Dunia 2002 dan 2010 menebus fase gugur.

Pada edisi 2002 saat mereka jadi tuan rumah turnamen, Korsel bahkan sukses mencapai babak semifinal dan akhirnya jadi juara keempat.

Load More