Rauhanda Riyantama
Selebrasi Marcus Rashford usai cetak gol saat Inggris hajar Wales 3-0 di Piala Dunia 2022. (Twitter)

Bolatimes.com - Berikut klasemen akhir Grup B Piala Dunia 2022 setelah menggelar pertandingan ketiga atau terakhir, Rabu (30/11/2022) dini hari WIB. Hasilnya, Inggris dan Amerika Serikat lolos ke babak 16 besar.

Inggris lolos ke fase gugur sebagai juara Grup B setelah meraih kemenangan 3-0 atas Wales dalam matchday ketiga atau terakhir di Stadion Ahmad bin Ali, Al Rayyan, Qatar.

Gol-gol timnas Inggris dalam laga ini baru tersaji di babak kedua. Marcus Rashford (50', 68') dan Phil Foden (52') menjadi aktor utama.

Baca Juga:
Klasemen Akhir Grup A Piala Dunia 2022: Belanda dan Senegal Melaju ke 16 Besar

Rashford membuka keunggulan Inggris setelah mencetak gol melalui tendangan bebas menawan. Dia melepaskan tembakkan dari pinggir kotak penalti ke arah pojok kanan atas gawang yang tak mampu dihalau kiper Danny Ward.

Tim asuhan Gareth Southgate kemudian menggandakan keunggulan hanya dua menit berselang lewat Phil Foden yang baru menjadi starter dalam laga ini setelah diparkir pada dua matchday sebelumnya.

Bintang Manchester City itu mencetak gol setelah mendapat umpan silang akurat dari Harry Kane di dalam kotak penalti. Dia menyambar bola ke gawang kosong tanpa kawalan siapapun.

Inggris yang berada di atas angin kemudian menambah keunggulan pada menit ke-68 melalui Marcus Rashford yang sekaligus mencatatkan brace dalam pertandingan ini.

Baca Juga:
Hasil Piala Dunia 2022 Semalam: Belanda, Senegal, Amerika Serikat, dan Inggris Lolos ke16 Besar

Striker Manchester United itu melakukan sebuah aksi dribble untuk kemudian melepaskan tembakkan kaki kiri dari dalam kotak penalti yang sukses menaklukan Danny Ward.

Di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Timnas Inggris akan menghadapi Senegal selaku runner-up Grup A. Pertandingan ini akan berlangsung di Al Bayt, Al Khor, Qatar pada Senin (5/12/2022) pukul 02.00 WIB.

Aksi Christian Pulisic cetak gol saat Amerika Serikat kalahkan Iran 1-0 di Piala Dunia 2022. (Twitter)

Di laga lain, Amerika Serikat berhasil mengunci tiket ke fase gugur setelah memenangi pertarungan sengit atas Iran. The Yanks menang dengan skor tipis 1-0 untuk finis sebagai runner-up Grup B dengan lima poin.

Baca Juga:
Hasil Piala Dunia 2022: Amerika Serikat Bungkam Iran 1-0, Lolos ke Babak 16 Besar

Gol semata wayang tim asuhan pelatih Gregg Berhalter itu diciptakan penyerang Chelsea, Christian Pulisic pada menit ke-38.

Sebuah crossing ke dalam kotak penalti di sundul oleh Sergino Dest dan Christian Pulisic dengan briliant menyambut bola dan menembakkannya masuk ke gawang.

Di babak 16 besar, Amerika Serikat sudah ditunggu timnas Belanda selaku juara Grup A. Pertandingan ini akan berlangsung di Khalifa International Stadium, Qatar pada Sabtu (3/12/2022) pukul 22.00 WIB.

Berikut Klasemen Akhir Grup B Piala Dunia 2022

Baca Juga:
Hasil Piala Dunia 2022: Bantai Wales 3-0, Inggris Melaju ke 16 Besar

Klasemen akhir Grup B Piala Dunia 2022. [FIFA]

Load More