Rauhanda Riyantama
Aksi Cody Gakpo cetak gol saat Belanda kalahkan Qatar 2-0 di Piala Dunia 2022. (Twitter)

Bolatimes.com - Berikut klasemen akhir Grup A Piala Dunia 2022 usai merampungkan pertandingan ketiga, Selasa (29/11/2022) malam WIB. Belanda dan Senegal berhasil lolos ke babak 16 besar usai meraih kemenangan.

Timnas Belanda lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara Grup A usai mengalahkan tuan rumah Qatar dengan skor 2-0 pada laga matchday 3 di Stadion Al Bayt, Al Khor. Dua gol Oranje di laga ini masing-masing dicetak Cody Gakpo menit ke-26 dan Frenkie de Jong (49').

Belanda sendiri keluar sebagai pemuncak klasemen akhir Grup A dengan raihan 7 poin dari tiga pertandingan. Di bawah arahan pelatih Louis van Gaal, De Oranje telah tak terkalahkan dalam 18 pertandingan di lintas kompetisi.

Baca Juga:
Hasil Piala Dunia 2022 Semalam: Belanda, Senegal, Amerika Serikat, dan Inggris Lolos ke16 Besar

Sementara itu, Qatar mengakhiri kampanyenya sebagai tuan rumah Piala Dunia dengan tiga kekalahan dari tiga pertandingan Grup A, dengan hanya mencetak 1 gol dan kebobolan 7 gol.

Gari Grup A, Belanda melenggang ke fase gugur Piala Dunia 2022 bersama Senegal yang di laga lainnya di saat bersamaan berhasil mengalahkan Ekuador 2-1. Senegal menyalip Ekuador untuk mengamankan posisi runner-up Grup A.

Butuh hasil imbang agar lolos ke babak gugur, Ekuador sempat melakukan selebrasi singkat setelah membalas keunggulan awal Senegal yang tercipta dari tendangan penalti Ismala Sarr satu menit menjelang akhir babak pertama, lewat gol Moises Caicedo menyusul tendangan sudut pada menit ke-67.

Baca Juga:
Hasil Piala Dunia 2022: Amerika Serikat Bungkam Iran 1-0, Lolos ke Babak 16 Besar

Akan tetapi, dua menit berselang, bek sekaligus kapten Senegal, Kalidou Koulibaly mendapat bola muntah dari pemain Ekuador yang berupaya membuang bola tendangan bebas dan dengan mantap ia lesakkan ke gawang Hernan Halindez untuk membungkam para pendukung Ekuador.

Senegal finis sebagai runner-up Grup A dengan koleksi 6 poin dari tiga laga, sementara Ekuador harus rela tersisih usai finis di urutan ketiga dengan poin 4.

Di babak 16 besar nanti, Belanda sebagai juara Grup A akan mengahadapi runner-up Grup B. Sementara itu, Senegal akan menantang jawara Grup B di fase gugur nanti.

Baca Juga:
Hasil Piala Dunia 2022: Bantai Wales 3-0, Inggris Melaju ke 16 Besar

Saat ini puncak klasemen Grup B dikuasai Inggris, yang disusul Iran di tempat kedua. Empat tim grup ini akan memainkan matchday pamungkasnya pada Rabu (30/11/2022) dini hari ini pukul 02.00 WIB.

Klasemen Akhir Grup A Piala Dunia 2022:

Baca Juga:
Hasil Piala Dunia 2022: Belanda Hajar Qatar, Senegal Bungkam Ekuador

Load More