Rauhanda Riyantama
Mohammed Muntari cetak gol pertama buat Timnas Qatar ke gawang Ekuador di Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh sosok Mohammed Muntari, penyerang yang menjadi pencetak gol pertama Timnas Qatar di pentas Piala Dunia 2022 ini.

Timnas Qatar akhirnya berhasil mencetak gol perdananya di Piala Dunia 2022, kala tim berjuluk Al Annabi ini berhadapan dengan Senegal, Jumat (25/11).

Dalam duel Matchday ke-2 grup A Piala Dunia 2022 tersebut, Qatar kembali harus menelan kekalahan setelah tumbang dengan skor 1-3 dari Senegal.

Baca Juga:
Tak Larut dalam Kemenangan atas Argentina, Pelatih Arab Saudi Tegaskan Fokus Hadapi Polandia

Kekalahan dari Senegal ini pun otomatis membuat langkah Qatar di Piala Dunia 2022 dipastikan terhenti, setelah hanya mengantongi nol poin dari dua pertandingan fase grup.

Namun, kekalahan ini juga dibarengi dengan catatan manis, di mana Qatar akhirnya bisa mencetak gol pertamanya di pentas Piala Dunia.

Adalah Mohammed Muntari yang menjadi pencetak gol pertama Qatar di Piala Dunia dengan tandukannya di menit ke-78.

Baca Juga:
Momentum Piala Dunia, Iwan Bule Lirik Pemain Keturunan yang Berdomisili di Qatar

Gol penyerang berusia 28 tahun itu pun menjadi sejarah tersendiri. Sebab, gol Muntari itu menjadi gol pertama Qatar dalam sejarahnya berpartisipasi di Piala Dunia.

Karena kiprahnya itu, nama Muntari pun lantas menjadi perbincangan. Lantas, siapakah sosok Mohammed Muntari tersebut? Berikut profilnya.

Pemain Naturalisasi Qatar

Baca Juga:
Bertemu Prancis di Piala Dunia 2022, Pelatih Denmark Punya Strategi Khusus Hentikan Kylian Mbappe

Mohammed Muntari merupakan penyerang andalan Timnas Qatar dan Al Duhail yang lahir pada 20 Desember 1993 di Kumasi, Ghana.

Dilihat dari tempat lahirnya, Muntari sendiri sejatinya lahir dan tumbuh besar di Ghana. Namun seiring berjalannya waktu, ia berkarier di Qatar dan menjadi pemain naturalisasi.

Kiprah Muntari bermula di Golden Lions Soccer Academy yang merupakan sekolah sepak bola bentukan legenda Ghana, Nil Lamptey.

Baca Juga:
Link Live Streaming Polandia vs Arab Saudi di Piala Dunia 2022, Kick Off 20.00 WIB

Usai menimba ilmu di Golden Lion Soccer Academy, Muntari kemudian memutuskan menyeberang ke Qatar pada 2012, di mana ia menjalani karier pertamanya sebagai pemain profesional.

Klub profesional pertamanya adalah El Jaish. Tercatat ia bermain di tim ini hingga 2015 sebelum bergabung dan meneken kontrak lima tahun dengan Lekhwiya.

Penampilan apik Muntari bersama Lekhwiya kemudian membuat raksasa Qatar, Al-Duhail, merekrutnya pada 2017.

Sempat dipinjamkan ke Al Ahli pada 2017-2018, kini Muntari tetap menjadi andalan di tengah kepungan para bintang di Al-Duhail.

Untuk naturalisasinya sendiri, Muntari resmi memegang paspor dan menjadi WN Qatar pada 2014. Di tahun tersebut lah ia juga mendapat panggilan pertamanya membela tim nasional.

Sejak dinaturalisasi pada 2014 itu, Muntari telah tampil sebanyak 41 kali bagi Qatar dan mampu menyumbangkan 11 gol bagi Al Annabi.

Dari 11 gol itu, salah satu golnya merupakan gol bersejarah karena menjadi pencetak gol pertama Qatar di ajang Piala Dunia kala timnya tumbang dari Senegal dengan skor 1-3.

Sebelumnya, Qatar sendiri baru pertama kali tampil di ajang Piala Dunia pada edisi 2022 ini. Gol tandukan Muntari ke gawang Qatar pun tak ayal menjadi sejarah tersendiri bagi Al Annabi.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More