Rauhanda Riyantama
Selebrasi pemain Timnas Iran usai kalahkan Wales 2-0 di Piala Dunia 2022. (Twitter)

Bolatimes.com - Timnas Iran menang dramatis lawan Wales pada matchday kedua Grup B Piala Dunia 2022 di Stadion Ahmed bin Ali, Jumat (25/11/2022) petang WIB. Tim Melli menang dengan skor 2-0 lewat gol di masa injury time.

Adalah Rouzbeh Cheshmi dan Ramin Rezaeian yang cetak dua gol kemenangan Iran pada menit ke 90+8 dan 90+13. Tambahan tiga poin membuka kans Iran lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 usai di laga pertama Grup B dibantai Inggris 1-6.

Iran kini mengoleksi 3 poin dari dua laga di peringkat kedua klasemen, kalah selisih gol dari Inggris yang baru sekali bermain.

Baca Juga:
Link Live Streaming Qatar vs Senegal di Piala Dunia 2022, Kick Off 20.00 WIB

Sementara itu, Wales belum meraih kemenangan dari dua pertandingan. Dengan sekali seri dan sekali kalah, Wales terpuruk di dasar klasemen dengan poin 1.

Jalannya Pertandingan

Kedua tim saling jual-beli serangan di 10 menit pertama pertandingan. Di menit ke-12, striker Wales Kieffer Moore punya kans bagus bikin gol. Akan tetapi, sontekan sang penyerang arahnya masih tepat di posisi berdiri kiper Iran Seyed Hosseini.

Baca Juga:
Viral Curhat Aremania Ditangkap Security akibat Bentangkan Banner Usut Tuntas Tragedi Kanjuruhan di Piala Dunia 2022

Iran sendiri berhasil mencetak gol di menit ke-15. Namun, gol yang dicetak Ali Gholizadeh dianulir VAR karena offside.

Setelah kedua tim lanjut saling serang, skor 0-0 sendiri tak berubah sampai half-time.

Masuk paruh kedua, Iran membuat pertahanan Wales kelabakan. Menit ke-51, setidaknya ada dua percobaan dari Iran yang membentur tiang; bola tembakan Sardar Azmoun dari skema serangan balik dan tembakan Ali Gholizadeh dari luar kotak penalti.

Baca Juga:
Neymar Kena Tekel 9 Kali hingga Cedera saat Lawan Serbia, Ini Alasan Tite Tak Cepat Tarik Keluar

Insiden besar terjadi di menit ke-85. Kiper Wales, Wayne Hennessey, bikin pelanggaran yang cukup mengerikan. Dia keluar dari gawangnya untuk menghentikan Mehdi Taremi.

Wasit sempat memberikan Hennessy kartu kuning. Setelah melihat monitor VAR, wasit mengubahnya menjadi kartu merah.

Petaka bagi Wales sendiri terjadi di ijury time. Sepakan keras gelandang jangkar Rouzbeh Cheshmi dari luar kotak penalti merobek jala gawang Wales yang kini dikawal kiper cadangan.

Baca Juga:
Kemenangan Arab Saudi vs Argentina sudah Diramal Penguin di Dubai?, Begini Ceritanya

Dan di detik-detik terakhir, serangan balik cepat diakhiri finishing cantik Ramin Rezaeian untuk mengamankan kemenangan Iran 2-0!

Secara keseluruhan, Wales lebih menguasai ball possession yang mencapai 62 persen, akan tetapi Iran jauh lebih unggul dalam hal percobaan tembakan yang mencapai 21 dengan 6 yang on target.

Susunan pemain Wales vs Iran

Timnas Wales (3-4-3): Wayne Hennessey (Kiper), Ben Davies, Chris Mepham, Joe Rodon (Belakang), Connor Roberts, Ethan Ampadu, Aaron Ramsey Neco Williams (Tengah), Gareth Bale, Kieffer Moore, Harry Wilson (Depan).

Pelatih: Robert Page

Timnas Iran (4-1-3-2): Hossein Hosseini (Kiper), Ramin Rezaeian, Majid Hossaini, Moreteza Pouraliganji, Milad Mohammadi (Belakang), Saeid Ezatolahi, Ahmad Noorollahi, Ehsan Hajisafi, Ali Gholizadoh (Tengah), Mehdi Taremi, Sardar Azmoun (Depan).

Pelatih: Carlos Queiroz

Load More