Rauhanda Riyantama
Phil Foden melakukan selebrasi bersama rekan setimnya usai cetak gol saat Manchester City hajar Brighton 3-0. (AFP)

Bolatimes.com - Berikut lima klub Liga Inggris atau Premier League yang paling banyak mengirimkan pemain untuk berlaga di Piala Dunia 2022.

Dalam waktu kurang dari sepekan lagi, jagat sepak bola dunia akan disibukkan dengan gelaran bergengsi bertajuk Piala Dunia 2022.

Di event akbar empat tahunan ini, total ada 32 negara yang akan berpartisipasi dan saling sikut demi memperebutkan trofi Piala Dunia 2022 dan mengukuhkan dirinya sebagai negara terbaik di dunia.

Baca Juga:
Liga 1 Belum Jelas, Eks Timnas Indonesia Dicopot Klub

Setiap negara kontestan pun belakangan sudah mulai mempersiapkan diri dengan memanggil para pemainnya yang bermain di liga-liga top atau di level teratas, terutama di Liga Inggris.

Para pemain dari Liga Inggris selalu menjadi pilihan utama bagi negara-negara kontestan Piala Dunia 2022 karena level kompetisinya yang tinggi.

Ketatnya kompetisi Liga Inggris membuat beberapa negara merasa para pemainnya jauh lebih berpengalaman dan kompetitif, yang akan menguntungkan saat berlaga di Piala Dunia 2022.

Baca Juga:
Gara-gara Marc Klok, Justin Hubner Dibujuk untuk Gabung Persib Bandung

Tak ayal, banyak klub Liga Inggris yang harus merelakan pemain-pemainnya untuk bergabung bersama tim nasional masing-masing di Piala Dunia 2022 ini.

Kira-kira, klub Liga Inggris mana yang paling banyak mengirimkan pemain untuk berlaga di Piala Dunia 2022? Berikut daftarnya.

5. Arsenal

Baca Juga:
Bocoran Klub Austria yang Tertarik Boyong Saddil Ramdani

Gelandang Arsenal Granit Xhaka merayakan gol bersama rekan-rekan satu tim dalam pertandingan Liga Europa antara Arsenal dan PSV Eindhoven di Stadion Emirates di London pada 20 Oktober 2022. ANTARA/AFP/ADRIAN DENNIS.

Sang pemuncak klasemen Liga Inggris 2022/2023, Arsenal, masuk dalam daftar klub yang banyak mengirimkan pemain ke Piala Dunia 2022.

Total ada 10 pemain The Gunners yang dipanggil negaranya untuk Piala Dunia 2022, di mana 10 pemain ini adalah para pemain pilar.

Sebut saja Gabriel Jesus dan Gabriel Martinelli (Brasil), Granit Xhaka (Swiss), Aaron Ramsdale, Ben White,dan Bukayo Saka (Inggris), Thomas Partey (Ghana), Matt Turner (Amerika Serikat), Takehiro Tomiyasu (Jepang), serta William Saliba (Prancis).

Baca Juga:
Dua Pemain Veteran Perkuat Timnas Meksiko di Piala Dunia 2022

4. Tottenham Hotspur

Rival sekota Arsenal, Tottenham Hotspur juga banyak mengirimkan pemainnya ke Piala Dunia 2022 untuk membela negara-negaranya.

Total ada 11 pemain Tottenham Hotspur yang dipanggil negaranya, di ana nama-nama beken masuk dalam daftar ini.

Sebut saja Harry Kane, Eric Dier (Inggris), Hugo Lloris (Prancis), Son Heung-min (Korea Selatan), Ivan Perisic (Kroasia), Pierre-Emile Hojbjerg (Denmark), Pape Matar Sarr (Senegal), Rodrigo Bentancur (Uruguay), Cristian Romero (Argentina), Ben Davies (Wales), dan Richarlison (Brasil).

3. Chelsea

Potret para pemain Chelsea di Liga Inggris 2022/2023. (AFP)

Meski tengah terpuruk di Liga Inggris 2022/2023, para pemain Chelsea tetap memberikan daya tarik bagi setiap negara kontestan Piala Dunia 2022.

Total ada 12 pemain Chelsea yang dipanggil oleh negaranya untuk ajang ini. Jumlah ini sejatinya bisa bertambah jika para pemainnya tak cedera.

Para pemain itu antara lain Edouard Mendy, Kalidou Koulibaly (Senegal), Cesar Azpilicueta (Spanyol), Raheem Sterling, Mason Mount, Conor Gallagher (Inggris), Mateo Kovacic (Kroasia), Thiago Silva (Brasil), Christian Pulisic (Amerika Serikat), Kai Havertz (Jerman), Hakim Ziyech (Maroko), dan Denis Zakaria (Swiss).

2. Manchester United

Sebagai klub yang dihuni deretan bintang ternama, wajar jika Manchester United masuk dalam daftar klub Liga Inggris yang mengirimkan banyak pemain ke Piala Dunia 2022.

Total ada 13 pemain Man United yang dipanggil oleh negaranya. Hebatnya, para pemain yang dipanggil tak hanya pemain pilar saja.

Sebut saja Cristiano Ronaldo, Bruno Fernandes, Diogo Dalot (Portugal), Tyrell Malacia (Belanda), Casemiro, Antony, Fred (Brasil), Harry Maguire, Marcus Rashford, Luke Shaw (Inggris), Lisandro Martinez (Argentina), Facundo Pellestri (Uruguay), dan Christian Eriksen (Denmark).

1. Manchester City

Striker Manchester City Erling Haaland merayakan golnya ke gawang Nottingham Forest dalam laga Liga Premier Inggris yang digelar di Stadion Etihad pada 1 September 2022. [AFP]

Sebagai tim penguasa Liga Inggris, Manchester City banyak dihuni para pemain yang menjadi andalan bagi negara-negaranya.

Karenanya, Manchester City menjadi tim Liga Inggris yang paling banyak mengirimkan pemain ke Piala Dunia 2022. Total ada 15 pemain The Citizens yang dipanggil, entah pemain utama maupun pemain cadangan.

Sebut saja Kyle Walker, Kalvin Phillips, Phil Foden, Jack Grealish, John Stones (Inggris), Kevin De Bruyne (Belgia), Manuel Akanji (Swiss), Nathan Ake (Belanda), Julian Alvarez (Argentina), Bernardo Silva, Ruben Dias, Joao Cancelo (Portugal), Ederson (Brasil), Rodri, Aymeric Laporte (Spanyol), Ilkay Gundogan (Jerman).

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More