Rauhanda Riyantama
Cristiano Ronaldo saat memperkuat Timnas Portugal. (CARLOS COSTA / AFP)

Bolatimes.com - Piala Dunia 2022 di Qatar juga akan menjadi panggung pertunjukan bagi para pemain senior. Ada beberapa pemain yang tergolong sebagai pemain tertua di edisi kali ini.

Pemanggilan nama-nama senior ini tidak terlepas dari pengalaman yang mereka miliki. Kehadiran mereka diharapkan bisa menyeimbangkan peran para pemain muda.

Para pemain veteran ini juga dipastikan berharap bisa tampil dan memberikan hasil maksimal. Pasalnya, bukan tidak mungkin Piala Dunia 2022 bakal menjadi Piala Dunia terakhir dalam karier mereka.

Baca Juga:
Begini Cara Pemain Timnas Indonesia U-20 Lepas Lelah usai Latihan Berat yang Diberikan Shin Tae-yong selama TC Di Turki

Lantas, siapa saja pemain tertua di Piala Dunia 2022? Berikut ulasannya!

1. Atiba Hutchinson

Pemain Besiktas asal Kanada, Atiba Hutchinson. (Twitter)

Pemain Timnas Kanada ini bakal menjadi pemain tertua di Piala Dunia 2022 dengan usianya yang kini sudah menyentuh angka 39 tahun 9 bulan dan 12 hari.

Baca Juga:
Asnawi Mangkualam Tertarik untuk Main di Liga Inggris, Susul Elkan Baggott?

Atiba bakal menjadi kapten Kanada. Dia saat ini bermain untuk Besiktas dan memegang rekor penampilan terbanyak buat Kanada dengan 97 pertandingan.

2. Pepe

Bek tengah yang kerap jadi sorotan karena aksinya ini masih akan menjadi andalan Timnas Portugal di lini belakang. Usianya yang sudah mencapai 39 tahun 8 bulan dan 25 hari nyatanya tak menghalangi pelatih Fernando Santos menyertakan namanya di skuad Portugal.

Baca Juga:
Hadapi Lawan Berat di Piala Dunia 2022, Pelatih Korea Selatan Beri Respons Berkelas

Pepe yang saat ini bermain untuk Porto, nyatanya masih menjadi mendapat kesempatan bermain reguler dengan mencatatkan 11 penampilan di semua kompetisi.

3. Eiji Kawashima

Kiper Timnas Jepang, Eiji Kawashima. (AFP)

Kawashima yang saat ini berusia 39 tahun 8 bulan sudah menjadi andalan Timnas Jepang di bawah mistar. Pengalamannya sangat dibutuhkan tim Samurai Biru untuk melangkah jauh di Piala Dunia 2022.

Baca Juga:
Eks Striker Timnas Indonesia Kritik Liga 1 yang Tak Kunjung Mulai: Sepak Bola Indonesia Maju 2 Langkah Mundur 10 Langkah

Di level klub, Kawashima kini bermain di RC Strasbourg Alsace. Dia sudah mencatatkan 26 pertandingan di semua ajang bersama klub asal Prancis itu.

4. Dani Alves

Pemanggilan Dani Alves yang kini sudah berusia 39 tahun 6 bulan dan 14 hari sempat jadi tanda tanya besar karena masih banyak bek asal Brasil lain yang lebih muda dan sedang bersinar.

Dengan begini, Alves bakal menjadi pemain tertua Brasil di Piala Dunia, mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Djalma Santos di Piala Dunia 1966 di usia 37 tahun.

5. Thiago Silva

Thiago Silva/Instagram

Selain Alves, Brasil juga nyatanya masih mengandalkan bek veteran lainnya, Thiago Silva, yang sekarang sedang bermain untuk Chelsea.

Thiago Silva saat ini sudah berusia 38 tahun 1 bulan 29 hari. Sejauh ini Silva sudah mencatatkan 109 penampilan buat Brasil di semua ajang.

6. Cristiano Ronaldo

Ronaldo akan menjadi kapten Portugal di Piala Dunia 2022 saat usianya 37 tahun 9 bulan. Ini bisa menjadi Piala Dunia terakhir Ronaldo sehingga dia dipastikan ingin meraih hasil maksimal.

Ronaldo yang sudah meraih banyak trofi di level klub, belum meraih gelar Piala Dunia bersama Portugal. Kini sudah mencetak 117 gol buat Selecao das Quinas.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More