Rauhanda Riyantama
Timnas Portugal usai bermain imbang lawan Polandia. (Miguel Riopa/AFP).

Bolatimes.com - Meski berstatus sebagai ajang paling akbar sepak bola dunia, Piala Dunia sempat melahirkan tim nasional debutan dengan kejutan yang tak bisa dipandang sebelah mata.

Meski hanya dianggap sebagai pemeriah, namun status negara debutan di Piala Dunia memberi warna tersendiri digelarnya ajang ini.

Bahkan kesuksesan berhasil diraih tim-tim ini walaupun baru sekali tampil di ajang Piala Dunia, lantas tim mana saja mereka? berikut di antaranya.

Baca Juga:
5 Negara Terkaya yang Tampil di Piala Dunia 2022, Ada Tuan Rumah Qatar

1. Republik Irlandia

Piala Dunia pertama yang diikuti Republik Irlandia pada 1990 yang digelar di Italia, saat itu The Green Boys melaju ke putaran final usai menjadi runner-up grup kualifikasi.

Meskipun gagal meraih kemenangan dan hanya meraup tiga poin dari tiga pertandingan di fase grup, tapi sukses melaju ke babak 16 besar dan menyingkirkan Rumania lewat adu penalti.

Baca Juga:
Cetak Satu Gol, Striker Persija Jakarta Bawa Timnas Bahrain Tahan Imbang Tim Peserta Piala Dunia 2022

Hingga melaju ke babak perempat final dan melawan tuan rumah, Italia meski dipaksa kalah dengan skor tipis 0-1.

2. Senegal

Piala Dunia 2018 menjadi ajang pertama yang diikuti Senegal, keluar sebagai juara grup C kualifikasi CAF meski berada satu grup dengan tim-tim kuat lain.

Baca Juga:
Hasil Uji Coba: Beckham Putra Cetak Brase, Persib Bandung Hajar FC Bekasi City 3-0

Termasuk Mesir dan Maroko, kejutan Senegal tak berhenti sampai di situ di fase grup putaran final mereka sukses mempecundangi Prancis dan Uruguay.

Senegal pun lolos ke babak 16 besar dan mengalahkan Swedia dengan skor 2-1, sebelum terhenti di perempat final usai kalah dari Turki dengan skir 0-1.

3. Ukraina

Baca Juga:
Hasil Liga Italia Semalam: Menang Dramatis Lawan Udinese, Napoli Kian Kokoh di Puncak Klasemen

Kejutan diperlihatkan Ukraina di Piala Dunia 2006, bermodal runner-up babak kualifikasi dan tampil sebagai runner-up di fase grup putaran final.

Kalah dari Spanyol, tapi sukses melibas Arab Saudi dan Tunisia hingga lolos ke 16 besar dan bertemu Swiss, adu penalti mengantar mereka ke babak perempat final.

Sayangnya langkah mereka terhenti usai kalah dari Italia dengan skor cukup telak 0-3.

4. Kroasia

Piala Dunia 1998 Prancis merupakan debut Kroasia tampil di Piala Dunia, tampil di putaran final usai keluar sebagai runner-up di babak kualifikasi.

Di fase grup putaran final, Kroasia sukses mengalahkan Jepang dan Jamaika dan hanya kalah dari raksasa Amerika Selatan, Argentina.

Lolos ke babak 16 besar dan mengalahkan Rumania dan bahkan berhasil mengalahkan Jerman di perempat final dengan skor 3-0.

Sayangnya langkah Kroasia hanya sampai di semifinal usai kalah dari Prancis dengan skor 1-2.

5. Portugal

Piala Dunia 1966 menjadi kali pertama Portugal mentas di ajang ini, bermodal juara grup di babak kualifikasi yang mengantar mereka ke Inggris.

Di fase grup putaran final, Portugal kembali menjadi pemuncak grup dengan poin sempurna dan bahkan mampu menyingkirkan Brasil di babak 16 besar.

Portugal semakin menggila di perempat final usai menggilas Korea Selatan dengan skor 5-3, sebelum terhenti di semifinal usai kalah dari Inggris dengan skor 1-2.

Kontributor: Eko
Load More