Rauhanda Riyantama
Timnas Qatar di Gold Cup CONCACAF 2021. (Dok. Qatar FA)

Bolatimes.com - Piala Dunia 2022 tak hanya soal kualitas bermain tim dan para pemainnya, tapi juga menjadi ajang negara mana yang paling kaya soal kemakmuran masyarakatnya.

Digelarnya Piala Dunia 2022 di Qatar memang menimbulkan banyak kontroversi, mulai dari kisah-kisah para pekerja di balik proses pembangunan stadion dan persiapan.

Hingga ketimpangan sosial yang terjadi, tak heran kualitas suatu negara di Piala Dunia 2022 menjadi sorotan, kemakmuran negara tersebut menjadi salah satunya.

Baca Juga:
Cetak Satu Gol, Striker Persija Jakarta Bawa Timnas Bahrain Tahan Imbang Tim Peserta Piala Dunia 2022

Setidaknya ada 5 negara yang dianggap paling kaya dan menjadi kontestan di Piala Dunia 2022, negara mana saja? berikut di antaranya.

1. Belanda

Donny van de Beek saat memperkuat Timnas Belanda. (AFP)

Belanda termasuk ke dalam negara degan ekonomi terbesar ke-17 dunia, memiliki populasi 17 juta orang dan tingkat pengangguran yang rendah.

Baca Juga:
Hasil Uji Coba: Beckham Putra Cetak Brase, Persib Bandung Hajar FC Bekasi City 3-0

Otomatis rasio inflasi stabil, World Economic Forum pada 2018 merilis negara paling kompetitif keempat di dunia adalah Belanda dengan GDP per kapita 68.572 dolar AS.

2. Denmark

Denmark merupakan negara dengan perekonomian terbesar ke-35 dunia, di tahun 2020 mereka memiliki tingkat per kapita nasional kotor tertinggi ketujuh dunia.

Baca Juga:
Hasil Liga Italia Semalam: Menang Dramatis Lawan Udinese, Napoli Kian Kokoh di Puncak Klasemen

Memiliki jumlah penduduk mencapai 5,7 juta orang, merupakan negara dengan perekonomian terbaik ke-10 menurut WEC pada 2018 dengan GDP per kapita 69.273 dolar AS.

3. Amerika Serikat

Para pemain Timnas Amerika Serikat merayakan gol Gyasi Zardes (keempat kiri) setelah mencetak gol ke gawang Qatar di laga semifinal Piala Emas Concacaf 2021 di Q2 stadium, Austin, Texas. 29 Juli 2021. Frederic J. BROWN / AFP

Sudah bukan rahasia umum jika Amerika Serikat termasuk ke dalam negara terkaya di dunia, termasuk salah satunya di Piala Dunia 2022.

Baca Juga:
Hasil Liga Inggris Semalam: Man City dan Chelsea Tumbang, Liverpool hingga Arsenal Kompak Menang

Memiliki populasi mencapai 331 juta orang, rasio perkembangan GDP negara ini tak bisa disamai negara lain dengan GDP per kapita 75.027 dolar AS.

4. Swiss

Swiss sejatinya negara yang cocok dijadikan destinasi berlibur, karena banyak klaim menyebut jika negara ini memberi kebahagiaan dan kesehatan yang terjamin.

Memiliki penduduk 8.65 juta orang, ekonomi Swiss stabil dan memiliki GDP per kapita 84,658 dolar AS atau setara dengan Rp1,31 miliar.

5. Qatar

Timnas Qatar juarai Piala Asia 2019. (Dok. AFC).

Sebagai tuan rumah, Qatar terbilang sebagai negara dengan kehidupan perekonomian yang stabil lewat kekayaan yang berasal dari minyak dan gas bumi.

GDP per kapita negara berpenduduk 2,8 juta orang ini mencapai 112,780 dolar AS atau sekitar Rp1,75 miliar.

Kontributor: Eko
Load More