Rauhanda Riyantama
Para pemain tim Jerman merayakan gol Leon Goretzka (ketiga kanan) saat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 saat melawan Serbia dalam laga persahabatan. Tobias SCHWARZ / AFP

Bolatimes.com - Menerka kekuatan Timnas Jerman di Piala Dunia 2022. Mampukah Der Panzer meraih gelar juara dan menambah koleksi gelarnya menjadi lima di ajang empat tahunan ini?

Timnas Jerman merupakan salah satu negara yang selalu menjadi kandidat juara di setiap gelaran Piala Dunia, termasuk untuk edisi 2022 ini.

Masuknya Timnas Jerman sebagai kandidat juara tak lepas dari materi pemainnya. Di setiap generasinya, juara Piala Dunia 2014 ini selalu memiliki materi pemain bintang.

Baca Juga:
Banjir Pujian untuk Ivar Jenner dan Justin Hubner Usai Debut Apik di Timnas Indonesia U-20

Termasuk di Piala Dunia 2022 ini, Timnas Jerman pun akan diperkuat oleh beberapa pemain bintang yang merumput di liga-liga top Eropa.

Selain itu, Der Panzer juga akan ditukangi oleh pelatih sekaliber Hans-Dieter Flick atau biasa akrab disapa Hansi Flick.

Pelatih berusia 57 tahun ini dikenal sebagai pelatih jempolan, menyusul keberhasilannya mempersembahkan Sextuple atau enam gelar ke Bayern Munich dalam waktu setahun saja.

Baca Juga:
Profil Rony Agustinus, Pebulu Tangkis Indonesia yang Latih Tim Korea Selatan

Sejak menukangi Jerman menggantikan Joachim Loew Agustus 2021 lalu, Hansi Flick hanya sekali kalah dari 15 pertandingan, yakni kala melawan Hungaria di UEFA Nations League.

Selebihnya, Hansi Flick mampu membawa Jerman memenangi sembilan pertandingan dan hanya meraih lima kali hasil imbang.

Dengan materi pemain kelas dunia dan pelatih sekaliber Hansi Flick, bagaimana kekuatan Timnas Jerman untuk Piala Dunia 2022 nanti? Akankah Der Panzer menjadi juara?

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-20 Gagal Menang Lawan Baerum SK, Zanadin Fariz Kritik Wasit

Pemain timnas Jerman Kai Havertz merayakan gol bersama rekan-rekan satu tim saat pertandingan persahabatan Jerman melawan Israel di PreZero Arena, Sinsheim, Jerman, 26 Maret 2022. (REUTERS/HEIKO BECKER)

Materi Pemain yang Timpang

Untuk Piala Dunia 2022 ini, Hansi Flick memanggil 26 nama ke Timnas Jerman. Dalam komposisi ini, ia memadukan para pemain senior dengan para pemain muda.

Beberapa nama pemain muda pun dipanggil, seperti Karim Adeyemi dan Youssoufa Moukoko. Pemain terakhir bahkan belum genap berusia 18 tahun.

Baca Juga:
5 Pemain Naturalisasi Tersukses di Indonesia, Ada Cristian Gonzales hingga Beto Goncalves

Dipanggilnya dua pemain muda, termasuk Moukoko, tak lepas dari kondisi para penyerang depan Timnas Jerman yang tengah dilanda cedera.

Sebagai contoh adalah Timo Werner. Penyerang andalan Timnas Jerman ini harus absen dari Piala Dunia 2022 karena cedera kala membela RB Leipzig.

Meski masih memiliki sosok Thomas Muller, namun tak ada yang menampik jika lini serang Timnas Jerman saat ini pincang karena absennya pemain berpengalaman seperti Timo Werner.

Alhasil, Hansi Flick pun akan mengandalkan pemain muda sebagai penyerang dengan hadirnya Karim Adeyemi, Youssoufa Moukoko, dan Kai Havertz.

Ketiga pemain ini dianggap belum cukup untuk memimpin lini serang Jerman yang terkenal akan kedahsyatannya mencetak gol.

Namun Hansi Flick bisa dikatakan beruntung karena lini tengahnya berisikan pemain-pemain yang tengah naik daun, seperti Jamal Musiala, Leroy Sane, Ilkay Gundogan, Joshua Kimmich dan Julian Brandt.

Selain itu untuk pengalaman di pentas Piala Dunia, Hansi Flick juga memanggil pahlawan Piala Dunia 2014 yakni Mario Goetze yang akan menemani Thomas Muller dan Manuel Neuer memimpin generasi baru Jerman.

Bergeser ke sektor belakang, Hansi Flick pun membuat perjudian dengan mengabaikan Matt Hummels dan memanggil bek-bek yang baru mencuat namanya musim ini.

Melihat kondisi tersebut, Jerman pun diprediksi akan kesulitan di Piala Dunia 2022 karena berada dalam fase transisi bersama penggawa mudanya.

Mungkin saja, Jerman akan lolos dari kepungan Spanyol, Kosta Rika, dan Jepang. Tapi di babak gugur, Der Panzer akan kesulitan menghadapi lawan-lawan berat.

Mencapai babak semifinal pun akan menjadi sebuah keajaiban bagi Jerman di Piala Dunia 2022 ini, apalagi dengan skuad timpang dan minim pengalaman seperti saat ini.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More