Arif Budi Setyanto
Kandidat pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae-yong. [ROMAN KRUCHININ / AFP]

Bolatimes.com - Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong masih peduli dengan timnas negaranya asalnya Korea Selatan jelang Piala Dunia 2022.

Korea Selatan tidak dalam kondisi yang baik jelang Piala Dunia 2022. Sebab, pemain bintang mereka Son Heung-min terancam absen lantaran cedera mata.

Shin Tae-yong yang pernah menangani timnas Korea Selatan ikut memberikan komentar terkait situasi itu. Ia menyampaikan petuah dan yakin dengan pelatih Taeguk Warriors saat ini.

Baca Juga:
Ngebet Bela Timnas Indonesia, Jordi Amat dan Sandy Walsh Sering Tanya Keberlanjutan Naturalisasi

"Bahkan pelatih Paulo Bento pasti sudah mempertimbangkan yang terburuk. (Jika Son absen), kami membutuhkan motivasi untuk menyatukan tim," ucap Shin Tae-yong dikutip dari Hankookilbo pada Senin (7/11/2022).

"Anda perlu yakin dengan pelatih Paulo Bento. Pelatih harus memikirkan bagaimana meningkatkan moral dan kepercayaan diri pemain," tegas juru latih berusia 52 tahun ini.

Pemain timnas Korea Selatan Hwang Hee-chan (kiri) bersama Son Heung-min saat merayakan golnya kegawang tim sepak bola Uzbekistan pada babak Putra perempatfinal Asian Games 2018 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Senin (27/8). (ANTARA FOTO/INASGOC/Charlie)

Shin Tae-yong sendiri pernah mengalami hal sama jelang Piala Dunia 2018 lalu. Kala itu, ada empat pemain kunci yang harus absen, sehingga ia menyiapkan strategi berbeda.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-20 Batal Lawan Jepang, TC di Turki Diperpanjang hingga 15 November 2022

"Saat itu karena pemain terus cedera, kami harus menyiapkan rencana A,B, hingga C. Tapi bukan berarti kami tidak bisa bermain," kenang Shin Tae-yong saat menangani Taeguk Warriors di Piala Dunia 2018.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong berharap Korea Selatan bisa berbicara banya. Apalagi saat ini banyak pemain dari Negeri Gingseng yang berkarier di Eropa.

Terlepas dari saran yang diberi ke pelatih Korea Selatan, kini Shin Tae-yong sedang fokus bersama timnas Indonesia U-20. Skuad Garuda Nusantara menggelar TC di Eropa sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023 dan Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:
Profil Jepang U-18, Calon Lawan Timnas Indonesia U-20, Diperkuat Pemain Barcelona

Load More