Rauhanda Riyantama
Potret pemain Timnas San Marino saat tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Berikut deretan negara yang paling banyak kebobolan di sepanjang gelaran Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu, di mana salah satunya kebobolan hampir empat lusin gol.

Saat ini, para penikmat sepak bola tengah menanti ajang Piala Dunia 2022 yang akan digelar dalam hitungan hari saja.

Total ada 32 negara yang terdiri dari satu tuan rumah serta 31 negara lainnya dan akan saling sikut memperebutkan trofi Jules Rimet.

Baca Juga:
Tekuk Moldova U-20 3-1, Media Vietnam Mulai Akui Timnas Indonesia U-20 Jadi Terbaik di ASEAN

Selain tuan rumah yang otomatis lolos ke putaran final, 31 negara harus berdarah-darah untuk memperebutkan tiket ke Piala Dunia 2022 melalui jalur kualifikasi.

Tercatat, sejak 2019 lalu beberapa negara dari beberapa zona harus melakoni babak kualifikasi untuk meraih tiket ke putaran final Piala Dunia 2022.

Dalam fase kualifikasi tersebut, terdapat beberapa kejutan. Salah satunya adalah mengenai berapa banyak gol yang tercipta.

Baca Juga:
Iwan Bule: Harap Sabar, yang Mau Jadi Ketum PSSI Nanti Ada Waktunya

Tercatat sejak Kualifikasi Piala Dunia 2022 digelar pertama kali, terdapat 2424 gol yang tercipta dalam 865 pertandingan.

Dari 2424 gol itu, ada beberapa negara yang menjadi lumbung gol bagi negara-negara peserta kualifikasi lainnya.

Kira-kira, siapa saja negara yang jadi lumbung gol lawan dan menjadi negara yang paling banyak kebobolan di Kualifikasi Piala Dunia 2022? Berikut daftarnya.

Baca Juga:
Pemain Timnas U-20 Terkena Flu, Shin Tae-yong Belum Tentukan Skuad untuk Lawan Moldova Jilid 2

1. San Marino

San Marino merupakan negara kecil di Eropa yang sempat mengikuti Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona UEFA dengan bergabung grup I.

Di grup I itu, San Marino tergabung bersama tim-tim besar seperti Inggris, Polandia, Albania, Hungaria, dan Andorra.

Baca Juga:
Terstruktur, Iwan Bule Menduga Ada Kelompok Tertentu yang Sengaja Ingin Buat Dirinya Mundur dari Ketum PSSI

Karena statusnya sebagai negara kecil, San Marino pun otomatis menjadi lumbung gol bagi negara lainnya. Total 46 gol bersarang ke gawang timnya dalam 10 laga atau rata-rata 4,6 gol per laga.

2. Sri Lanka

Sri Lanka merupakan negara yang mengikuti Kualifikasi Piala Dunia zona Asia atau AFC. Negara ini mengikuti kualifikasi di putaran kedua.

Di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Sri Lanka tergabung di grup H bersama Korea Selatan, Lebanon, dan Turkmenistan.

Dalam enam partai yang dimainkan, Sri Lanka pun harus kebobolan banyak gol, yakni mencapai 34 gol dengan hanya memasukkan dua gol saja.

3. Liechtenstein

Kembali ke Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona UEFA, ada Liechtenstein yang menjadi lumbung gol bagi lawan-lawannya di babak ini.

Tergabung di grup J bersama Jerman, Makedonia Utara, Romania, Armedia, dan Islandia, Liechtenstein hanya menjadi bulan-bulanan saja.

Dalam 10 pertandingan yang dimainkan, negara ini kebobolan 34 gol atau rata-rata gawangnya dijebol sebanyak 3,4 kali per pertandingan.

4. Guam

Di putaran kedua Kualifikasi Piala Asia 2022 zona Asia, ada Guam yang juga menjadi lumbung gol bagi negara lainnya.

Guam sendiri harus merasakan gawangnya dibobol sebanyak 32 kali dalam 8 laga atau rata-rata dibobol 4 gol per laga oleh lawan-lawannya sepanjang babak kualifikasi itu.

Sebagai informasi, di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Guam tergabung di grup A bersama Syria, China, Filipina, dan Maladewa.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More