Rauhanda Riyantama
Striker Newcastle United, Newcastle United melalukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Aston Villa di Liga Inggris 2022/2023. (AFP)

Bolatimes.com - Newcastle United diizinkan melakukan 6 kali pergantian pemain, kondisi serupa juga berlaku untuk lawannya Aston Villa.

Momen itu terjadi saat Newcastle United menang besar atas Aston Villa dengan skor 4-0 dalam lanjutan Liga Inggris 2022-2023, Sabtu (29/10/2022).

Di mana Aston Villa dianggap melakukan concussion subtitute, momen ini muncul ketika Emiliano Martinez mengalami benturan kepala.

Baca Juga:
Luis Milla Tak Hadir dalam Latihan Persib Bandung, Terungkap Begini Alasannya

Benturn kepala yang dialami Martinez justru terjadi dengan rekan setimnya sendiri, Tyrone Mings di mana kepala sang kiper terkena dengkul Mings.

Pemeriksaan dari tim medis pun dilakukan, Martinez dianggap tidak mengalami keadaan buruk dan dapat melanjutkan pertandingan.

Meskipun tak lama setelah itu, Martinez ditarik keluar untuk digantikan dengan Robin Olsen, kondisi yang membuat manajer Aston Villa panen kritik.

Baca Juga:
Ketum 'PSSI' Thailand Kena Ultimatum, Siap-siap Dipecat Jika Timnas Gagal Raih Emas di SEA Games 2023

Aaron Danks selaku caretaker Villa merasa tim medis sudah bekerja secara profesional dan memberi keputusan sesuai dengan keahlian mereka.

Sehingga Martinez dinyatakan siap untuk bertanding kembali, meskipun hal itu membuat pertanyaan banyak pihak.

"Kami punya petugas medis profesional, mereka sudah memeriksa dan Martinez dinyatakan baik-baik saja untuk lanjut main," ucap Danks.

Baca Juga:
5 Pemain Abroad Moldova U-20 Patut Diwaspadai Timnas Indonesia U-19, Ada Pemain Klub Spanyol

Concussion subtitution menjadi dampak dari pergantian Martinez (karena seorang pemain terkena benturan kepala) dengan Robin Olsen.

Penerapan aturan ini dilakukan Premier League sejak Januari 2021, pemain yang mengalami benturan kepala wajib diganti dan tim beserta lawannya mendapat tambahan satu kuota pergantian pemain.

Kini normalnya pergantian pemain sebanyak lima, namun khusus untuk laga Aston Villa melawan Newcastle United bertambah satu menjadi enam pemain.

Baca Juga:
Malaysia Dikritik Tak Bisa Tiru Timnas Indonesia Jelang Piala AFF 2022, Kim Pan-gon Berikan Pembelaan

Kontributor: Eko
Load More