Arif Budi Setyanto
Mantan Pelatih Hong Kong, Kim Pan-gon. (AFP/Jung Yeon-je)

Bolatimes.com - Malaysia mendapatkan kritikan usai mengumumkan bakal menggelar laga uji coba menghadapi dua lawan yang dianggap lemah. Kim Pan-gon pun ikut bersuara memberi pembelaan.

Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM) telah mengumumkan bahwa Harimau Malaya akan melakoni laga uji coba melawan Kamboja dan Maladewa jelang Piala AFF 2022.

Sayangnya kabar itu justru menuai kritikan karena FAM dianggap tidak bisa mencari lawan yang lebih kuat. Berbeda dengan timnas Indonesia yang sebelumnya melawan Curacao.

Baca Juga:
Masih Cedera, Erling Haaland Dipastikan Absen saat Manchester City Hadapi Sevilla

Malaysia dikritik publik sendiri karena Kamboja hanya duduk di ranking 177 FIFA. Sedangkan Maladewa ada di urutan 154.

Banyak yang menyuarakan seharusnya FAM mencari lawan yang ranking lebih tinggi atau timnas dengan kualitas bagus sebagai persiapan Piala AFF 2022 mendatang.

Nah, kritikan tersebut akhirnya direspons oleh Kim Pan-gon. Pelatih asal Korea Selatan tersebut menjelaskan mengapa Kamboja dan Maladewa menjadi lawan Harimau Malaya.

Baca Juga:
AC Milan Dipecundangi Torino, Berikut Klasemen Terbaru Liga Italia

"Kami sudah bermain lawan Thailand dan Filipina tahun ini dan kami percaya Kamboja bagus untuk persiapan ini," imbuhnya.

Lebih lanjut, Maladewa dipilih karena mereka pernah juara dua kali Piala SAFF. Gaya bermainnya pun dinilai mirip dengan tim Asia Tenggara.

Baca Juga:
Klasemen Terbaru Liga Spanyol: Gagal Menang Lawan Girona, Real Madrid Ditempel Barcelona di Puncak

Bukan hanya itu, Maladewa juga dianggap tim bagus karena sebelumnya menang dalam dua pertandingan FIFA Matchday, salah satunya melawan Laos.

"Maladewa memenangkan dua pertandingan di FIFA Matchday pada September dan merupakan salah satu tim yang baru melawan Laos, tim yang akan dihadapi di turnamen (Piala AFF). Sudah dipastikan kedua laga uji coba ini cocok untuk persiapan Harimau Malaya jelang Piala AFF 2022." tegasnya.

Sementara itu, Piala AFF 2022 dijadwalkan berlangsung pada 20 Desember hingga 16 Januari 2023. Undian grup pun telah dilakukan.

Baca Juga:
Aksi Ciamik Egy Maulana Vikri di FC ViOn Zlate Moravce, Bikin Kagum Netizen usai Kecoh 2 Pemain Lawan

Grup A diisi oleh Thailand, Indonesia, Filipina, Kamboja dan pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam dan Timor Leste. Sementara Grup B ditempati oleh Vietnam, Malaysia, Singapura, Myanmar dan Laos.

Load More