Arif Budi Setyanto
Pemain Vietnam, Nguyen Quang Hai bersama Phan Van Duc merayakan kemenangan atas Filipina di Piala AFF 2018 di Stadion My Dinh, Hanoi (6/12/2018) (AFP)

Bolatimes.com - Timnas Vietnam dikabarkan tidak akan diperkuat pemain terbaiknya, Nguyen Quang Hai pada Piala AFF 2022. Sebab, turnamen antarnegara Asia Tenggara ini tidak masuk dalam kalender resmi FIFA.

Kabar tersebut lantas membuat media Vietnam khawatir. Pasalnya Park Hang-seo harus mencari penggantinya yang sepadan, sehingga menimbulkan potensi apakah pelatih Korea Selatan itu akan gagal di tahun terakhirnya bersama Golden Star Warriors.

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) menerangkan Nguyen Quang Hai bakal absen di Piala AFF 2022 karena masih membela klubnya yang tampil di Ligue 2 Prancis, Pau FC.

Baca Juga:
KLB PSSI akan Berdampak ke Shin Tae-yong dan Timnas Indonesia? Begini Jawaban Exco

"Piala AFF 2022 bukan milik FIFA, jadi Pau FC berhak menolak untuk mengirimkan pemainnya," ujarnya dikutip dari Soha.vn. Sabtu (29/10/2022).

Walau begitu, Le Hoai Anh mengklaim pihaknya akan menyiapkan strategi lain menyusul absennya Nguyen Quang Hai.

"Kami telah memberi tahu Pelatih Park Hang-seo untuk segera menyiapkan rencana profesional. Sayang sekali Quang Hai absen, tapi tim Vietnam punya banyak rencana cadangan," imbuhnya.

Baca Juga:
Sangat Senang, Marcell Januar Ungkap Kesan TC Timnas Indonesia U-19 di Turki

Kabar ini membuat media Vietnam ketar-ketir. Sebab, Park Hang-seo punya target juara di tahun ini demi persembahan terakhirnya untuk Golden Star Warriors.

Pelatih Vietnam Park Hang-seo menyaksikan laga Timnas Indonesia U-23 vs Vietnam di SEA Games 2021. (dok.Zingnews)

Hal itu karena juru taktik asal Korea Selatan ini sudah memutuskan tidak akan memperpanjang kontrak dengan Vietnam. Artinya Piala AFF 2022 merupakan turnamen terakhir Park Hang-seo bersama Golden Star Warriors.

"Dalam beberapa tahun terakhir, Quang Hai dianggap sebagai salah satu pemain penting di Vietnam. Keunggulan gelandan ini telah membantu sepak bola Vietnam meraih banyak kesuksesan," tulis laporan The Thao247 dilansir pada Minggu (30/10/2022).

Baca Juga:
Satu Grup dengan Timnas Indonesia di Piala Asia U-20 2023, Pelatih Suriah Wajib Waspada

Sementara itu, Piala AFF 2022 dijadwalkan berlangsung pada 20 Desember hingga 16 Januari 2023. Undian grup pun telah dilakukan.

Grup A diisi oleh Thailand, Indonesia, Filipina, Kamboja dan pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam dan Timor Leste. Sementara Grup B ditempati oleh Vietnam, Malaysia, Singapura, Myanmar dan Laos.

Baca Juga:
Serunya Pemain Timnas Indonesia U-19 Main Voli Pantai di Turki, Netizen: Pindah Profesi Nih

Load More