Irwan Febri Rialdi
Shin Tae-yong memantau anak asuhnya saat di Turki (Instagram/shintaeyong7777)

Bolatimes.com - Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) pada Sabtu (29/10/2022) menyatakan segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) buntut Tragedi Kanjuruhan.

PSSI akhirnya memutuskan bakal segera menggelar KLB setelah sebelumnya bersikeras agenda tersebut tidak bisa dipaksakan digelar karena intervensi dari pihak luar.

KLB merupakan tuntutan banyak pihak seiring Tragedi Kanjuruhan yang merenggut ratusan lebih nyawa suporter Arema FC saat menyaksikan laga melawan Persebaya Surabaya.

Segera digelarnya KLB juga merupakan rekomendasi dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) ditambah desakan beberapa klub pendiri PSSI.

Mochamad Iriawan selaku Ketum PSSI menegaskan KLB akan dimulai dengan bersurat kepada FIFA, KLB akan dimaksimalkan selama tiga bulan setelah dilakukan verifikasi.

Sementara, Hasani Abdulgani menyebut Exco PSSI sudah sepakat menggelar KLB meskipun tak sedikit pihak yang mengkhawatirkan kondisi ini berdampak pada status Shin Tae-yong.

Seperti yang diketahui bahwa prestasi timnas Indonesia semakin membaik setelah ditukangi Shin Tae-yong, baik di kelompok umur maupun di timnas senior.

Kekhawatiran ini muncul karena gelaran KLB kemungkinan bisa membuat beberapa pengurus PSSI lepas dari jabatan mereka, tak terkecuali sang Ketum, Iwan Bule.

Menjawab keresahan itu, Hasani pun memastikan jika KLB tidak akan berdampak pada posisi Shin Tae-yong yang bakal tetap berada di timnas Indonesia.

"Insya Allah akan berjalan seperti adanya," tulis Hasani Abdulgani pada kolom komentar unggahan akun Instagram pribadi, menjawab pertanyaan salah satu netizen.

Selain itu, digelarnya KLB diklaim Hasani tidak akan berpengaruh pada proses naturalisasi pemain yang sudah berjalan.

Terbaru duo Belanda, Ivar Jenner dan Justin Hubner lolos dalam tes medis naturalisasi hingga berlanjut pada proses selanjutnya yakni melengkapi syarat administrasi.

Kontributor: Eko
Load More