Husna Rahmayunita
Peman Timnas Vietnam, Nguyen Quang Hai. (Instagram/@nguyenquanghai12041997)

Bolatimes.com - Timnas Vietnam dikonfirmasi tak akan diperkuat salah satu pemain andalannya yang berposisi sebagai striker Nguyen Quang Hai di Piala AFF 2022.

Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) menerangkan Nguyen Quang Hai absen dari turnamen sepak bola bergengsi Asia Tenggara tersebut.

Hal ini tentu menjadi kabar buruk bagi Vietnam di bawah besutan Park Hang-seo. Sebab, Nguyen Quang Hai merupakan salah satu bomber skuad The Golden Star Warriors.

Sekjen VFF Le Hoai Anh mengatakan Nguyen Quang Hai tak bisa memperkuat Timnas Vietnam lantaran Piala AFF 2022 tak masuk agenda FIFA.

Sementara Quang Hai kini merupakan penggawa klub divisi dua Liga Prancis (Ligue 2), Pau FC. Oleh karena itu, perlu ada restu dari pihak klub untuk melepas pemainnya.

"Piala AFF 2022 bukan milik FIFA, jadi Pau FC berhak menolak untuk mengirimkan pemainnya," ujarnya dikutip dari Soha.vn. Sabtu (29/10/2022).

Walau begitu, Le Hoai Anh mengklaim pihaknya akan menyiapkan strategi lain menyusul absennya Nguyen Quang Hai.

"Kami telah memberi tahu Pelatih Park Hang-seo untuk segera menyiapkan rencana profesional. Sayang sekali Quang Hai absen, tapi tim Vietnam punya banyak rencana cadangan," imbuhnya.

Timnas Vietnam dikabarkan akan mempersiapkan diri untuk menghadapi Piala AFF setelah V-League berakhir pada 23 November 2022.

Adapun Piala AFF 2022 dijadwalkan berlangsung pada 20 Desember hingga 16 Januari 2023. Undian grup pun telah dilakukan.

Grup A diisi oleh Thailand, Indonesia, Filipina, Kamboja dan pemenang kualifikasi antara Brunei Darussalam dan Timor Leste. Sementara Grup B ditempati oleh Vietnam, Malaysia, Singapura, Myanmar dan Laos.

Dengan absennya Nguyen Quang Hai dari Timnas Vietnam, tentu menjadi keuntungan bagi rival lainnya, termasuk Timnas Indonesia meski tak satu grup.

Load More