Rauhanda Riyantama
Selebrasi pemain Real Madrid setelah lolos ke final Liga Champions musim 2021/2022. (AFP)

Bolatimes.com - Rekor buruk wakil asal Spanyol di Liga Champions tercipta di musim 2022/2023. Pasalnya, Real Madrid jadi satu-satunya tim yang lolos ke babak 16 besar sejak 2003/2004 setelah Barcelona, Sevilla dan Atletico Madrid tumbang di fase grup, demikian catatan Opta.

Keberhasilan Real Madrid yang sudah memastikan diri lolos ke 16 besar bahkan saat fase grup masih menyisakan dua pertandingan tak mampu diikuti tiga tim lainnya.

Barcelona dan Sevilla harus tersingkir setelah menjalani matchday kelima dan dipastikan bakal turun kasta ke babak playoff 16 besar Liga Europa 2022-2023.

Baca Juga:
7 Fakta Menarik Kekalahan Telak Barcelona atas Bayern Munich, Nomor 1 Paling Disorot

Sementara nasib Atletico Madrid lebih miris. Selain tersingkir, mereka masih harus berjibaku dengan Bayer Leverkusen untuk bisa mengunci tempat ketiga Grup B demi tampil di Liga Europa.

Barcelona cuma finis ketiga di Grup C Liga Champions setelah kalah dari Bayern Munich dengan skor 0-3 dan di laga lain, Inter Milan sukses mengalahkan Viktoria Plzen 4-0.

Baca Juga:
Jadwal Liga Europa Malam Ini: Ada PSV Eindhoven vs Arsenal hingga Manchester United vs Sheriff Tiraspol

Hasil itu membuat Barcelona cuma meraih empat poin dari lima laga dan dipastikan tak bisa lagi melampaui poin Bayern Munich (15) dan Inter (10) di dua besar.

Sementara Sevilla jadi tim pesakitan di Grup G. Mereka kalah saing dari Manchester City dan Borussia Dortmund yang berhasil melangkah ke babak 16 besar.

Sevilla duduk di peringkat ketiga dengan koleksi lima poin, unggul tiga poin dari Copenhagen di posisi buncit. Posisi mereka tak mungkin lagi tergeser apapun hasil yang diraih di matchday terakhir lantaran unggul head to head dari wakil Denmark (imbang 0-0 dan menang 4-0).

Baca Juga:
Media Vietnam Singgung Target Shin Tae-yong di Piala Asia U-20 2023

Sementara itu, Real Madrid untuk sementara memuncaki klasemen Grup F dengan 10 poin, unggul satu poin dari RB Leipzig di peringkat kedua. Situasi itu membuat Los Blancos masih berpotensi turun peringkat andai terpeleset di laga terakhirnya kontra Celtics pada 3 November mendatang.

(Arief Apriadi)

Load More