Selasa, 07 Februari 2023
Rauhanda Riyantama : Rabu, 26 Oktober 2022 | 20:15 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Bolatimes.com - Berikut deretan negara yang tak akan pernah bisa tampil di Piala Dunia selamanya, di mana salah satunya justru mendapat hak istimewa tampil di Olimpiade.

Piala Dunia merupakan ajang yang begitu dinanti-nantikan oleh seluruh negara di berbagai penjuru dunia.

Pasalnya, ajang empat tahunan ini merupakan kompetisi terbesar di sepak bola yang memiliki prestise tinggi dan menyita banyak perhatian seluruh masyarakat di dunia.

Maka tak mengherankan jika seluruh negara di berbagai penjuru dunia berlomba-lomba demi bisa tampil di ajang bergengsi ini.

Semua negara bahkan punya kesempatan untuk tampil di Piala Dunia, asalkan bisa melewati babak kualifikasi yang dihelat di masing-masing zona.

Meski seluruh negara di dunia diberi kesempatan tampil, ada beberapa negara yang justru tak akan pernah bisa tampil di Piala Dunia.

Pasalnya, hanya negara-negara yang berada dalam keanggotaan FIFA saja yang bisa berpartisipasi dalam merebut tiket ke Piala Dunia.

Kira-kira, negara mana saja yang tak akan pernah bisa tampil di Piala Dunia yang digelar oleh FIFA? Berikut daftarnya.

1. Britania Raya

Britania Raya merupakan sebuah negara yang berisikan negara-negara di kawasan Britania, seperti Inggris, Wales, Skotlandia, dan Irlandia Utara.

Karena negara masing-masing telah mendaftarkan diri sebagai anggota FIFA, maka Britania Raya pun tak bisa tampil di Piala Dunia.

Meski begitu, FIFA memberi pengecualian kepada Britania Raya, yakni bisa bermain bersama di ajang Olimpiade, seperti Olimpiade 2012 silam.

2. Vatikan

Vatikan merupakan negara mikro yang berada di tengah-tengah Italia. Meski berstatus sebuah negara, Vatikan tak bisa tampil di Piala Dunia.

Negara terkecil di dunia ini tak bisa tampil di Piala Dunia karena bukan anggota FIFA, meski Vatikan punya tim nasional sendiri.

3. Monako

Sama seperti Vatikan, Monako merupakan sebuah negara yang berada di tengah-tengah negara, yakni Prancis.

Meski punya tim nasional sendiri, Monako juga tak bisa bermain di Piala Dunia karena bukan anggota dari FIFA maupun UEFA.

4. Palau

Palau merupakan sebuah negara yang berada di tengah Samudra Pasifik, tepatnya dekat dengan Papua Barat.

Meski memiliki tim nasional, Palau juga tak bisa tampil di Piala Dunia karena bukan anggota FIFA. Kendati demikian, mereka pernah meraih prestasi di ajang Micronesian Games.

5. Kepulauan Marshall

Spanyol pernah menjajah sebuah negara kepulauan bernama Kepulauan Marshall. Meski berstatus negara, negara ini ternyata bukanlah anggota FIFA.

Kepulauan Marshall sendiri tak akrab dengan sepak bola. Bahkan, olahraga terpopuler ini jarang didengar kiprahnya di negara tersebut.

6. Nauru

Berbeda dengan Kepulauan Marshall, negara Nauru tak menyukai olahraga karena negara ini lebih tertarik dengan olahraga Rugby.

Karenanya, Nauru tak bisa tampil di Piala Dunia, selain karena alasan tak pernah menjadi bagian dari anggota FIFA.

7. Micronesia

Micronesia merupakan sebuah negara yang terletak di Samudra Pasifik. Negara ini merupakan negara kecil karena luasnya hanya 702 km saja.

Sebagai negara, Micronesia pernah mendaftar sebagai anggota FIFA. Sayangnya, usaha ini mendapat penolakan dari induk sepak bola dunia itu.

8. Tuvalu

Tuvalu merupakan negara yang terletak di Samudra Pasifik. Sama seperti Micronesia, negara ini bukanlah anggota FIFA.

Meski begitu, Tuvalu ternyata tergabung dalam Federasi Sepak Bola Oseania atau OFC. Namun tetap saja, mereka tak bisa tampil di Piala Dunia.

9. Kiribati

Sama seperti Tuvalu dan Micronesia, Kiribati merupakan negara yang terletak di Samudra Pasifik. Sepak bola merupakan salah satu olahraga terfavorit di daerah ini.

Namun Kiribati tak bisa mendaftarkan diri sebagai anggota FIFA dan OFC, sehingga keinginannya bersaing menembus Piala Dunia pun sirna

Kontributor: Felix Indrajaya

BACA SELANJUTNYA

Thomas Doll dan Shin Tae-yong Perang Dingin, Ini Klarifikasi PSSI