Rauhanda Riyantama
Samuel Umtiti bersama timnas Prancis mencium Piala Dunia 2018

Bolatimes.com - Piala Dunia 2022 Qatar segera digelar, sederet kontestan mempersiapkan diri guna menampilkan kekuatan terbaik meski di antaranya masih terbayang kutukan.

Kutukan yang paling populer di Piala Dunia menyasar pada juara bertahan, yang membuat kontestan ini angkat koper lebih cepat dari turnamen.

Juara Piala Dunia bisa langsung tersingkir dari fase grup di turnamen selanjutnya, percaya atau tidak kondisi ini sudah dialami lima negara.

Baca Juga:
Hasil French Open 2022: Jonatan Christie Mulus ke 16 Besar usai Singkirkan HK Vittinghus

Tak hanya dari Eropa tetapi juga negara-negara kawasan Amerika Selatan, lantas negara mana saja yang dibayangi kutukan ini? berikut di antaranya.

1. Brasil

Status tim tersukses Piala Dunia terbukti tak menyelamatkan Brasil dari kutukan juara bertahan, hal ini dirasakan usai menjuarai edisi 1962.

Baca Juga:
5 Striker Keturunan Indonesia yang Berkarier di Eropa, Dua Nama Pernah Didekati PSSI

Di Piala Dunia 1966, Pele dkk gagal lolos dari gase grup setelah hanya mampu finish di tempat ketiga klasemen akhir.

2. Prancis

Sukses di Piala Dunia 1998 sebagai peraih gelar juara, Prancis justru keok di gelaran selanjutnya yakni di Piala Dunia 2002.

Baca Juga:
Piala Dunia 2022 di Depan Mata, Carlo Ancelotti Pastikan Real Madrid Tetap Main Habis-habisan

Zidane dan kolega gagal lolso dari fase grup yang berisi Senegal, Urugay dan Denmark serta lebih buruknya nir gol selama ajang tersebut.

3. Italia

Italia merupakan juara di edisi 2006, namun petaka justru dimulai usai berlaga di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Baca Juga:
Hasil French Open 2022: The Daddies Tumbang di Babak Pertama, Wakil Chinese Taipei Sukses Revans

Tak hanya gagal lolos, Pirlo dkk bahkan hanya mampu mengoleksi dua poin di babak penyisihan grup turnamen tersebut.

4. Spanyol

Sukses di Piala Dunia 2010, Spanyol gagal total di Piala Dunia 2014 yang digelar di Brasil dengan hanya meraih satu kemenangan.

Dipermak Belanda 1-5 dan kalah 0-2 dari Chile menjadi oleh-oleh yang harus dibawa pulang Vicente del Bosque ke kampung halaman.

5. Jerman

Jerman mengejutkan publik Brasil usai membantai Neymar dkk di babak semifinal dengan skor 7-1, sebelum keluar sebagai juara usai mengalahkan Argentina di partai puncak.

Namun, kesuksesan itu tak berbanding lurus saat berlaga di Piala Dunia 2018 Rusia, gagal lolos fase grup dan dikalahkan Korea Selatan dengan skor 0-2.

Saat itu timnas Korsel masih ditangani pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Kontributor: Eko
Load More