Husna Rahmayunita
Para pemain Timnas Iran melakukan selebrasi usai lolos ke Piala Dunia 2022. (ATTA KENARE / AFP)

Bolatimes.com - CEO Shakhtar Donetsk, Sergei Palkin mendesak FIFA mencoret timnas Iran dari Piala Dunia 2022. Sebab Iran dinilai membantu Rusia menyerang Ukraina.

Ada kabar yang menyebutkan Iran memasok drone 'Kamikaze' ke Rusia. Situasi Rusia dan Ukraina sendiri memang sedang memanas dalam beberapa bulan terakhir.

Oleh karena itu, Sergei Palkin mengatakan kalau Timnas Iran harus dilarang oleh FIFA untuk ikut Piala Dunia 2022. Bukan tidak mungkin pula, Iran akan menerima sanksi ini.

Pasalnya, Rusia resmi dikeluarkan dari Piala Dunia 2022 oleh FIFA pada Maret lalu. Ini menjadi bagian dari sanksi Rusia yang dilarang mengikuti semua kompetisi internasional.

Padahal, Rusia dijadwalkan tampil di babak play-off kualifikasi Piala Dunia 2022. Mereka pun harus gigit jari karena tak akan berangkat ke Qatar bulan depan.

Rusia sempat mengajukan banding atas sanksi ini, tetapi FIFA dan UEFA tetap kekeh menjatuhkan skors akibat invasi yang dilakukan Rusia ke Ukraina.

Lantas, jika Iran benar-benar dicoret dari Piala Dunia 2022? Negara mana saja yang berpotensi menjadi penggantinya?

1. Italia

Bek timnas Italia Federico Dimarco (ketiga kiri) melakukan selebrasi dengan rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Hongaria dalam pertandingan UEFA Nations League pada 27 September 2022. ANTARA/AFP/ATTILA KISBENEDEK

Italia secara mengejutkan gagal lolos ke Piala Dunia 2022. Berstatus sebagai juara Euro 2020, Italia kalah dari Makedonia Utara di laga play-off kualifikasi Piala Dunia 2022.

Kegagalan ini menyisakan duka bagi publik sepak bola Italia karena mereka sebetulnya punya materi pemain mumpuni. Sayang nasib bicara lain kepada pemilik 4 trofi Piala Dunia tersebut.

Meski demikian, sempat muncul rumor yang menyebut Italia bisa menggantikan Iran. FIFA pun diyakini akan menunjuk Italia sebagai pengganti Iran karena La Nazionale memiliki peringkat koefisien terbaik di antara negara-negara lainnya yang tidak lolos.

2. Ukraina

Potret pemain Timnas Ukraina jelang menghadapi Wales di final playoff Kualifikasi Piala Dunia 2022. (AFP)

CEO Shakhtar Donetsk, Sergei Palkin, mendesak agar FIFA mencoret Iran dari Piala Dunia 2022. Desakan ini muncul setelah muncul dugaan Iran membantu Rusia menyerang Ukraina.

Ada kabar yang menyebutkan Iran memasok drone 'Kamikaze' ke Rusia. Oleh karena itu, Sergei Palkin mengatakan kalau Timnas Iran harus dilarang oleh FIFA untuk ikut Piala Dunia 2022. Sebagai gantinya, Ukraina akan bermain di Qatar bulan depan.

Hal ini mungkin saja terjadi mengingat Ukraina menjadi pihak yang dianggap paling dirugikan atas konflik dengan Rusia di mata dunia.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More