Gagah Radhitya Widiaseno
Tangkapan layar foto saat Park Hang-seo menonton laga Indonesia vs Timor Leste (Vietnamnet.vn)

Bolatimes.com - Park Hang-seo memilih mundur untuk melatih Timnas Vietnam. Ini dia penyebab utamanya menurut pakar sepak bola.

Salah satu pengamat sepak bola asal Slovenia, Jernej Kamensek ada alasan kenapa Park tidak melanjutkan masa bakti bersama Timnas Vietnam.

Ia menyebut ada kaitannya dengan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF). VFF menjelaskan bahwa Park Hang-seo memiliki misi yang berbeda untuk saat ini.

Baca Juga:
Liga 1 2022/2023 Dihentikan Sementara, Borneo FC Lakukan Latihan Secara Virtual

Park Hang-seo disebutkan ingin fokus pada pelatihan para pemain muda. Tentunya hal inilah yang membuat dirinya menolak penawaran kontrak baru untuk melatih Timnas Vietnam.

"Kali ini adalah kehendak Park Hang-seo. Dia ingin lebih fokus pada pekerjaan pelatihan pemuda seperti yang telah dia umumkan berkali-kali di media. Perpanjangan kontrak tentunya harus disepakati oleh kedua belah pihak," ujar juru bicara VFF dilansir dari The Thao 247.

Namun Jernej menyebut bukan itu yang menjadi alasan utamanya. Pakar sepak bola Slovenia menyebut kalau Park ingin menjaga reputasi sebagai pelatih top Asia.

Baca Juga:
Duel Chelsea vs Brentford Berakhir Tanpa Gol, Kepa Arrizabalaga Kecewa Berat

"Saya pikir Park Hang Seo membuat keputusan yang tepat. Ini juga cara terbaik baginya untuk mengucapkan selamat tinggal ketika namanya berada di level yang begitu tinggi," ucap Kamensek.

Park tahu jika menuruti VFF, reputasinya bakal hancur. Oleh karena itu, ia memilih untuk mundur saat kontraknya habis.

"Saya pikir dia sangat memahami tekanan yang dapat terjadi di kualifikasi Piala Dunia 2026 ketika mengharapkan popularitas penggemar Vietnam sangat tinggi," tukas Jernej.

Baca Juga:
Media Asing Soroti Liga 1 2022/2023 yang Masih Abu-abu

"Dia juga harus melindungi kesehatan dan reputasinya, jadi saya pikir Park telah membuat keputusan yang tepat untuknya secara pribadi," pungkasnya.

Load More