Rauhanda Riyantama
Wasit wanita asal Jepang, Yoshimi Yamashita. (AFP)

Bolatimes.com - Mengenal lebih jauh Yoshimi Yamashita, wasit perempuan asal Jepang yang akan memimpin pertandingan-pertandingan di Piala Dunia 2022.

FIFA membuat gebrakan untuk Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung di Qatar. Salah satu gebrakannya adalah menghadirkan wasit wanita di ajang empat tahunan itu.

Induk sepak bola dunia tersebut menunjuk setidaknya 36 wasit dari berbagai negara untuk memimpin Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga:
Media Vietnam Sindir Thailand Tersingkir Menyakitkan usai Gagal ke Piala Asia U-20 2023

Tak disangka, tiga di antara 36 wasit yang ditunjuk oleh FIFA itu merupakan wasit wanita, yakni Stephanie Frappart, Salima Mukansanga, dan Yoshimi Yamashita

Untuk Stephanie Frappart sendiri, ia dikenal sebagai wasit wanita yang sudah malang melintang di sepak bola Eropa dan dunia.

Wanita asal Prancis itu pernah memimpin ajang-ajang bergengsi. Sebut saja Liga Champions, UEFA Super Cup, Kualifikasi Piala Dunia 2022, dan Ligue 1 Prancis.

Baca Juga:
Jadwal Liga Inggris Malam Ini: Manchester United vs Tottenham, Liverpool vs West Ham

Sedangkan Salima Mukansanga merupakan wasit asal Rwanda yang memiliki nama besar di kancah sepak bola Afrika.

Diketahui, Mukansanga pernah memimpin Piala Afrika, Liga Champions Afrika, dan bahkan memimpin laga di Olimpiade 2020 Tokyo.

Sedangkan nama satunya adalah Yoshimi Yamashita. Ia sendiri merupakan wasit wanita asal Jepang yang ditunjuk FIFA untuk Piala Dunia 2022 ini.

Baca Juga:
Klasemen Akhir Runner Up Grup Terbaik Kualifikasi Piala Asia U-20 2023: Thailand Gagal Lolos, Duduki Posisi Enam

Lantas, siapakah sosok Yoshimi Yamashita itu? Berikut profilnya.

Pencetak Rekor di Sepak Bola Asia

Yoshimi Yamashita merupakan wasit wanita asal Jepang. Ia sendiri lahir di Tokyo pada 20 Februari 1986 atau 36 tahun silam.

Baca Juga:
Masuk Pot 3 Piala Asia U-20 2023, Vietnam Ketar-ketir Jumpa Tim Kuat

Tak banyak referensi mengenai kariernya di dunia wasit. Namun, Yamashita punya rekam jejak mentereng sebagai pengadil lapangan.

Yamashita pertama kali masuk menjadi anggota wasit FIFA pada 2015. Hal tersebut membuatnya mulai berkiprah sebagai wasit di kancah domestik.

Diketahui, Yamashita sudah memimpin pertandingan di kancah domestik atau Jepang dengan memimpin laga-laga di J3 League atau kasta ketiga pada 2021.

Lalu pada 2022 ini, Yamashita naik kasta dan mulai dipercaya untuk memimpin pertandingan-pertandingan di J1 League dan J2 League.

Di kancah internasional, Yamashita yang telah mengantongi lisensi FIFA pun mulai dipercaya untuk memimpin laga-laga internasional.

Bersama Stephanie Frappart, Yamashita ditunjuk oleh FIFA sebagai wasit Piala Dunia Wanita 2019 yang berlangsung di Prancis.

Setahun kemudian, ia dipilih oleh FIFA kembali untuk memimpin pertandingan di sepak bola pada Olimpiade 2020 Tokyo.

Namun pencapaian terbaik Yamashita baru terjadi di tahun 2022 ini. Sebab, ia berhasil menjadi wasit wanita pertama di ajang Liga Champions Asia.

Saat itu, Yamashita terpilih sebagai wasit di Liga Champions Asia kala Melbourne City berhadapan dengan Chunnam Dragons.

Usai memimpin ajang Liga Champions Asia, Yamashita kemudian terpilih sebagai salah satu wasit wanita untuk Piala Dunia 2022 Qatar. 

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More