Husna Rahmayunita
Timnas Vietnam U-20 imbang melawan Palestina (Zoha)

Bolatimes.com - Media Vietnam mengomentari kegagalan Timnas Thailand U-19 ke Piala Asia U-20 2023. Thailand disebut tersingkir menyakitkan setelah kalah lewat jalur runner up terbaik.

Thailand sejatinya punya kesempatan melaju ke babak berikutnya melalui jalur lima runner up terbaik. Tapi Tim Gajah Putih tumbang berdasarkan hasil klasemen akhir.

Laga terakhir Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 antara Australia dan Irak digekar Selasa (18/10/2022). Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 1-0 dan otomatis menentukan nasib Thailand.

Thailand dijegal Irak meski memiliki poin (6), jumlah gol (6) dan selisih gol (+3) yang sama karena kalah dalam hal poin fair-play (perolehan kartu kuning dan merah),

Alhasil, Thailand dinyatakan gugur setelah finis di urutan keenam runner up terbaik Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Thailand pun disebut kalah secara menyakitkan usai kalah indeks fair play.

"Dengan 10 kartu kuning, Thailand jauh di belakang Suriah (8), bahkan lebih buruk dari Irak (5), sehingga (Thailand) tersingkir dengan menyakitkan," tulis media Vietnam Soha.vn dikutip Rabu (19/10/2022).

Kegagalan Thailand di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dinilai kian menambah daftar panjang torehan buruk tim muda Gajah Putih.

"Kekalahan ini memberikan pukulan bagi sepak bola Thailand yang telah jatuh tajam di tim junior. Setelah Timnas U-16 gagal di Piala AFF, Timnas U-19 juga gagal ke putaran final. Ini serupa dengan kekecewaan yang dibawa tim U-23," imbuhnya.

Lebih lanjut, Soha.vn menyebut rentetan kegagalan ini menjadi alarm bahaya bagi sepak bola Thailand.

"Ini kedua kalinya Thailand gagal ke Piala Asia U-20. Sepak bola Thailand mendapat alarm inkubasi," pungkasnya.

Load More