Arif Budi Setyanto
Timnas Thailand U-19 di Piala AFF U-19 2022. (Instagram/@changsuek)

Bolatimes.com - Thailand resmi gagal ikut serta di ajang Kualifikasi Piala U-20 2023. Tim Changsuek muda ada di peringkat keenam runner up terbaik, sehingga harus tersingkir.

Kegagalan Thailand ke Piala Asia U-20 2023 lantas membuat media dari Negeri Gajah Putih ini menyindir AFC. Mereka menyayangkan drama yang terjadi karena satu dari 10 grup yang menjalani kualifikasi bermain terlambat.

Sebagai informasi, Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 ini dibagi ke 10 grup. Masing-masing juara grup otomatis lolos ditambah lima runner up terbaik.

Baca Juga:
Pemain Keturunan Indonesia Diberi Sanksi Berat usai Merokok di Bangku Cadangan

Jadwal resmi Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 adalah pada 10-18 Septembe 2022 lalu. Namun sayangnya tidak semua grup dipertandingkan pada periode tersebut.

Ada satu grup, yaitu yang berisi Australia, Irak, India, dan Kuwait yang baru dimainkan pada 14-18 Oktober 2022.

Pertandingan ini mundur karena Australia sempat mengundurkan diri karena tak mendapatkan anjuran perjalanan dari pemerintah ke Irak yang menjadi tuan rumah. Di sisi lain, India mundur karena ban dari FIFA.

Baca Juga:
Mundur dari Timnas Indonesia, Terungkap Pengganti Dzenan Radoncic Orang Korea

Alhasil AFC kemudian memindahkan tuan rumah dari Irak ke Kuwait. Hal itu membuat Australia ikut lagi bertanding dan di waktu yang bersamaan sanksi dari India sudah dipecat.

Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 sudah selesai dijalankan. Hasilnya Australia keluar sebagai juara grup dan Irak lolos sebagai runner up terbaik.

Keberhasilan Irak meraih runner up terbaik menjadi petaka bagi Thailand. Sebab, mereka turun ke peringkat enam klasemen runner up terbaik, sehingga gagal lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga:
Pengurus PSSI Main Bola Bareng Presiden FIFA, Warganet: Tertawa di Atas Penderitaan

"Banyak pertanyaan muncul soal Grup H bermain tertunda dari sembilan grup lainnya. Banyak pihak melihat itu menjadi keuntungan (Grup H) dan kerugian bagi tim yang bersaing di jadwal resmi pada 10-18 September," tulis laporan Siam Sport disadur pada Rabu (19/10/2022).

Maka dari itu, media Thailand menyebutkan bahwa AFC menciptakan drama dalam Kualifikasi Piala Asia u-20 2023 ini.

Baca Juga:
Bikin Gol dan Assist, Egy Maulana Vikri Antar FC ViOn Zlate Lolos ke 16 Besar Piala Slovakia

Load More