Rauhanda Riyantama
Pemain Timnas Indonesia U-19, Arkhan Fikri berebut bola dengan pemain Thailand U-19 Sittha Boonlha dalam laga penyisihan grup Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/7/2022). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc)

Bolatimes.com - Timnas Thailand U-19 dipastikan gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023. Mereka seolah kena karma setelah mengerjai Timnas Indonesia di Piala AFF U-19 2022 lalu.

Kegagalan Timnas Thailand lolos ke Piala Asia U-20 2023 terjadi lewat skema menyakitkan yang begitu mirip dengan tersingkirnya Timnas Indonesia di babak penyisihan grup Piala AFF U-19 2022.

Thailand dan Vietnam dianggap publik sepak bola Indonesia sebagai biang kegagalan Timnas Indonesia melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Mereka diduga main mata di matchday terakhir babak penyisihan grup hingga laga berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

Baca Juga:
Profil Salima Mukansanga, Wasit Perempuan Asal Rwanda di Piala Dunia 2022

Hasil itu membuat timnas Indonesia U-19 gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 karena kalah head-to-head dalam klasemen mini antar tiga negara tersebut.

Kini, hal serupa menimpa Thailand. Mereka dipastikan gagal lolos ke Piala Asia U-20 2023 setelah duel Australia vs Iraq dalam matchday terakhir H babak kualifikasi berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Tim Kangguru.

Hasil itu sudah cukup membuat Australia dan Iraq menjadi dua tim yang berhak lolos dari Grup H. Australia lolos lewat jalur juara grup, sementara Iraq sebagai salah satu dari lima runner-up terbaik.

Baca Juga:
7 Ketua Federeasi Sepak Bola yang Pernah Mundur Secara Sukarela

Sebagai informasi, selain 10 juara grup, terdapat lima runner-up terbaik yang dipastikan lolos ke Piala Asia U-20 2023. Sebelum laga ini, Thailand yang tergabung di Grup G, masih berada di zona aman untuk lolos sebagai salah satu runner-up terbaik.

Uniknya, Thailand pada akhirnya gagal lolos lewat skema yang begitu menyakitkan. Poin dan selisih gol mereka sejatinya identik dengan Iraq yakni enam dan +3.

Bahkan, jumlah gol dan kemasukan kedua negara itu juga sama yakni enam gol dan kemasukan tiga gol. Namun, Iraq berhak lolos karena unggul dalam hal poin fair-play (perolehan kartu kuning dan merah) sebagaimana mengutip penjelasan The Thao 247.

Baca Juga:
Jokowi bakal Rubuhkan Stadion Kanjuruhan usai Konsultasi dengan Presiden FIFA

Melansir laman resmi Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Iraq pun sudah dikonfirmasi menjadi tim ke-16 alias terakhir yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

''Namun [meski kalah dari Australia], ada kegembiraan bagi Iraq serta dua kemenangan sebelumnya yang berarti mereka mengamankan tempat di putaran final sebagai salah satu dari lima runner-up terbaik," tulis AFC di laman resminya.

Thailand sendiri pada akhirnya cuma finis di posisi keenam klasemen runner-up terbaik, di bawah Syria yang berhak menduduki posisi lima atau batas akhir untuk merebut tiket ke putaran final Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga:
Momen Langka, Karim Benzema Ajak Anak dan Kekasihnya saat Sabet Gelar Ballon dOr 2022

(Arief Apriadi)

Load More