Rauhanda Riyantama
Potret Salima Mukansanga, wasit perempuan. (AFP)

Bolatimes.com - Salima Mukansanga menjadi sorotan setelah terpilih sebagai salah satu wasit wanita yang akan memimpinn pertandingan di Piala Dunia 2022 Qatar.

Sebanyak 36 wasit dipilih FIFA untuk memimpin sederet pertandingan di Piala Dunia 2022 Qatar, menariknya sejumlah wasit perempuan ikut andil.

Salima Mukansanga menjadi satu dari tiga wasit wanita yang akan memimpin jalannya pertandingan di Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga:
Jokowi bakal Rubuhkan Stadion Kanjuruhan usai Konsultasi dengan Presiden FIFA

Karier Salima Mukansanga sebagai wasit pertandingan sepak bola mulai mencuri perhatian di ajang Piala Afrika 2021 lalu.

Bahkan karena kiprahnya, Salima masuk dalam sejarah sepak boal Afrika sebagai wasit wanita pertama yang memimpin pertandingan di Piala Afrika.

Di Piala Dunia 2022 Qatar, Salima akan ditemani dua perempuan lain di antaranya Yoshimi Yamashita dari Jepang dan Stepahine Frappart dari Prancis.

Baca Juga:
Momen Langka, Karim Benzema Ajak Anak dan Kekasihnya saat Sabet Gelar Ballon dOr 2022

Kemudian ada asisten wasit wanita, Neuza Back dari Brasil, Kathryn Nesbitt dari Amerika Serikat serta Karen Diaz Medina dari Meksiko.

Menurut penurutan Pierluigi Collina selaku Ketua Komite Wasit FIFA, pemilihan wasi perempuan untuk Piala Dunia 2022 Qatar sudah melalui proses panjang.

Ia pun berharap, wasit perempuan sudah tak asing lagi dipergunakan dalam kompetisi elite sepak bola dunia mulai sejak hari ini.

Baca Juga:
Alasan PSSI Tak Ikut dalam Pertemuan Jokowi dan Presiden FIFA di Istana

"Ini mengakhiri proses panjang yang dimulai beberapa tahun lalu dengan penempatan wasit wanita di turnamen junior dan senior pria FIFA," ucap Collina.

"Dengan cara ini, kami dengan jelas menekankan bahwa kualitaslah yang penting bagi kami dan bukan gender.''

"Saya berharap ke depan, pemilihan ofisial pertandingan elite putri untuk kompetisi penting putra dianggap sebagai sesuatu yang biasa dan tidak lagi sensasional.''

Baca Juga:
Timnas Belanda U-19 Kabarnya Jadi Lawan Timnas Indonesia U-19, Justin Hubner Pilih Bela Mana?

"Mereka pantas berada di Piala Dunia FIFA karena mereka selalu tampil di level yang sangat tinggi, dan itu merupakan faktor penting bagi kami," imbuhnya.

Sebelum itu Salima sudah lebih dulu memimpin laga di ajang bergengsi selain Piala Afrika, yakni Piala Dunia Wanita dan Liga Champions Wanita Afrika.

Perempuan 33 tahun ini sangat disegani oleh para pemain sebagai wasit, karierya itu juga yang membawa Salima memimpin laga di Olimpiade 2022 Tokyo, Jepang.

Kontributor: Eko
Load More