Rauhanda Riyantama
Shin Tae-yong dan Park Hang-seo(Soha.vn)

Bolatimes.com - Berikut deretan pelatih yang cocok gantikan sosok Park Hang-seo di Timnas Vietnam, seiring munculnya kabar dirinya berpisah dengan The Golden Star.

Jagat sepak bola Asia Tenggara dihebohkan dengan kabar berpisahnya Park Hang-seo dengan Timnas Vietnam untuk tahun depan.

Dalam laporan yang ada, disebutkan bahwa eks asisten Guus Hiddink di Timnas Korea Selatan itu akan habis kontrak per Januari 2023 mendatang.

Baca Juga:
Australia vs Irak Jadi Laga Penentuan Thailand Lolos ke Piala Asia U-20 2023 atau Tidak, Begini Skenarionya

Adapun perpisahan ini ditengarai karena tak ditemuinya kesepakatan baru dalam kontrak yang dinegosiasikan Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) dengan Park Hang-seo.

Perpisahan ini pun otomatis mengakhiri kebersamaan pelatih berusia 65 tahun itu dengan Vietnam yang sudah terjalin selama lima tahun, dari 2017-2022.

“Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada Park Hang Seo atas upaya dan komitmennya yang luar biasa selama 5 tahun terakhir,” bunyi pernyataan VFF.

Baca Juga:
Jadwal Bola Malam Ini: Ada Duel Brighton vs Nottingham Forest

“Kedua belah pihak mencapai kesepakatan ini dengan pengertian yang bersahabat dan berharap untuk masa depan yang sejahtera satu sama lain,” lanjut pernyataan VFF.

Perpisahan ini pun membuat Vietnam mau tak mau mencari pelatih lainnya untuk menggantikan Park Hang-seo yang mampu mengangkat derajat The Golden Star.

Melihat perkembangan Vietnam bersama Park Hang-seo, kira-kira siapa saja pelatih yang cocok menggantikannya untuk memimpin The Golden Star? Berikut daftarnya.

Baca Juga:
Sudah Bertemu Presiden FIFA, Jokowi Pastikan Indonesia Tetap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

1. Lee Young-jin

Jika Vietnam ingin mempertahankan ide sepak bolanya sepeninggal Park Hang-seo, maka tak ada salah VFF merekrut Lee Young-jin.

Lee Young-jin merupakan tangan kanan Park Hang-seo di Timnas Vietnam. Dengan jabatan itu, eks penggawa Timnas Korea Selatan ini bisa melanjutkan program seniornya dan menerapkan taktik yang sama dengan seniornya itu.

Baca Juga:
Cetak Gol Spektakuler, Pemain Keturunan Indonesia Idaman Shin Tae-yong Masuk Best Starting XI Serie B Italia

2. Chu Dinh Nghiem

Jika Vietnam tertarik menggunakan jasa pelatih lokal, maka VFF bisa saja melirik nama Chu Dinh Nghiem yang memang berpengalaman.

Ia sendiri dikenal sebagai pelatih Hanoi FC. Selain itu, ia disebut-sebut sebagai pelatih lokal yang progresif karena memainkan sepak bola menyerang dengan umpan-umpan pendek.

3. Kiatisuk Senamuang

Kiatisuk Senamuang merupakan salah satu pelatih berpengalaman di level Asia Tenggara. Saat ini, dirinya berkiprah di Vietnam dengan menukangi tim HAGL.

Selain punya kiprah di level klub, Kiatisuk juga pernah menukangi Timnas Thailand yang tak lain rival Vietnam. Ia pun berhasil membawa tim Gajah Perang menjuarai Piala AFF sebanyak dua kali.

4. Gong Oh-kyun

Jika ingin tetap mempertahankan cita rasa Korea Selatan, Vietnam juga bisa menunjuk pelatih tim U-23, Gong Oh-kyun sebagai pelatih tim senior.

Gong Oh-kyun sendiri memang kurang berpengalaman. Tapi lantaran dirinya menukangi tim U-23, Vietnam bisa melanjutkan proses regenerasi di skuadnya.

5. Shin Tae-yong

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong bisa menjadi pilihan Vietnam untuk menggantikan Park Hang-seo. Untuk rekam jejaknya sendiri tak perlu diragukan lagi.

Apalagi Shin Tae-yong belum meneken kontrak baru dengan Timnas Indonesia. Di sisi lain, beredar rumor dirinya akan mengundurkan diri jika Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule dipaksa mundur dari jabatannya.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More