Arif Budi Setyanto
Timnas Thailand U-19 di Piala AFF U-19 2022. (Instagram/@changsuek)

Bolatimes.com - Nasib Thailand U-19 untuk lolos ke Piala Asia U-20 2023 tergantung pada pertandingan Australia vs Irak yang akan berlangsung pada Selasa (18/10/2022) sore WIB.

Sebagai informasi, Grup H saat ini menjadi satu-satunya grup yang belum memainkan semua pertandingan Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 karena adanya penundaan.

Di grup ini, Austrlia dan Irak menjadi dua tim yang berpotensi lolos. Sebab, mereka sudah meraih dua kemenangan dengan koleksi enam poin.

Baca Juga:
Sudah Bertemu Presiden FIFA, Jokowi Pastikan Indonesia Tetap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Australia lebih unggul karena punya selisih gol +6 dan Irak mencatatkan +4. Selisih gol tersebut sangat berguna untuk menentukan terkait runner up terbaik.

Nah, menariknya Australia dan Irak akan saling berhadapan di laga terakhir Grup H Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Tidak hanya menjadi penentuan grup, laga ini juga menjadi penentu apakah Thailand nantinya bakal lolos atau tidak.

Thailand terancam gagal lolos Piala Asia U-20 2023. (Wikipedia)

Melansir dari Siam Sport pada Selasa (18/10/2022), begini skenario Thailand bisa lolos ke Piala Asia U-20 2023 atau tidak.

Baca Juga:
Cetak Gol Spektakuler, Pemain Keturunan Indonesia Idaman Shin Tae-yong Masuk Best Starting XI Serie B Italia

1. Thailand bisa lolos jika Australia mengalahkan Irak dengan selisih dua gol atau lebih.

2. Thailand bisa lolos jika Irak mengalahkan Australia dengan selisih empat gol atau lebih.

3. Andai Irak kalah 0-1, maka selisih gol mereka akan sama dengan Thailand. Maka dari itu akan dihitung soal fair play menghitung kartu kuning dan merah yang diterima masing-masing tim.

Baca Juga:
Tak Bisa Asal Mulai, Penyelenggara Liga 1 akan Diberi Pelatihan Khusus oleh PSSI

4. Jika Irak kalah dengan selisih satu gol, tapi mereka membobol gawang Australia (misal 1-2, 2-3, dst) maka Thailand tersingkir.

5. Jika pertandingan Australia vs Irak berakhir imbang, Thailand otomatis tersingkir. Australia akan menjadi juara grup, sedangkan Irak lolos sebagai runner up terbaik.

Baca Juga:
Alexia Putellas Tak Menyangka Sabet Ballon d'Or Wanita 2022

Load More