Rauhanda Riyantama
Bek timnas Italia Federico Dimarco (ketiga kiri) melakukan selebrasi dengan rekan setimnya usai mencetak gol ke gawang Hongaria dalam pertandingan UEFA Nations League pada 27 September 2022. ANTARA/AFP/ATTILA KISBENEDEK

Bolatimes.com - Berikut daftar negara top yang absen di Piala Dunia 2022, di mana kebanyakan negara-negara ini tak lolos karena gagal di babak kualifikasi.

Piala Dunia 2022 akan segera bergulir. Total 32 negara telah memastikan satu tempat di ajang empat tahunan yang akan digelar di Qatar tersebut.

Dari 32 negara yang lolos, 31 negara di antaranya harus berdarah-darah untuk mendapat satu tempat di Piala Dunia 2022 dengan melakoni babak kualifikasi.

Baca Juga:
Hasil Laporan TGIPF: Izin Kompetisi Tak akan Keluar Jika PSSI Belum Berubah

Seperti biasanya, negara-negara besar yang kental dengan kultur sepak bola pun mayoritas memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2022.

Sebagai contoh adan Brasil dan Argentina yang merupakan dua tim terkuat di Amerika Selatan. Keduanya berhasil lolos usai menjadi peringkat pertama dan kedua di babak kualifikasi.

Lalu dari Eropa ada nama-nama seperti Jerman, Inggris, Spanyol, Belgia, Denmark, Belanda, Kroasia, dan juara bertahan Piala Dunia, Prancis.

Baca Juga:
Momen Francis Uzoho Tampil Gemilang saat Lawan Manchester United di Old Trafford, Bikin 12 Penyelamatan

Negara-negara besar di kawasan Eropa ini sebagian besar lolos usai menjadi juara grup di babak kualifikasi zona UEFA.

Hanya saja, ada beberapa negara Eropa yang lolos melalui babak Play Off kualifikasi seperti salah satunya juara Euro 2016, Portugal.

Keberhasilan negara-negara besar ini lolos ternyata tak mampu diikuti oleh negara-negara top lainnya yang punya pemain bintang dan status sebagai salah satu tim kuat.

Baca Juga:
Semakin Solid, Apriyani/Fadia Incar Gelar Juara di Eropa

Siapa saja negara-negara top yang ternyata gagal melangkah ke Piala Dunia 2022 sehingga harus absen di ajang empat tahunan itu?

1. Italia

Juara Euro 2020, Italia, menjadi salah satu negara top yang gagal lolos ke Piala Dunia 2022 usai tumbang di babak kualifikasi.

Baca Juga:
Piala Dunia 2022 Sah Jadi yang Termahal Sepanjang Sejarah, Segini Uang yang Digelontorkan Pemerintah Qatar

Italia gagal ke Piala Dunia 2022 usai gagal di babak Play Off kualifikasi pasca dibenamkan oleh tim semenjana, Makedonia Utara.

2. Norwegia

Norwegia merupakan salah satu negara yang kental dengan sepak bola. Apalagi negara ini banyak melahirkan pemain-pemain hebat seperti Erling Haaland dan Martin Odegaard.

Meski punya pemain hebat, Norwegia gagal lolos ke Piala Dunia 2022 usai menempati peringkat ketiga babak grup kualifikasi zona Eropa.

3. Hungaria

Hungaria merupakan salah satu tim kuat. Hal ini terbukti dari pencapaianya di UEFA Nations League musim ini yang bisa bertahan di tengah kepungan Jerman, Inggris, dan Italia.

Meski begitu, Hungaria justru gagal melangkah ke Piala Dunia 2022 setelah hanya menduduki posisi keempat klasemen grup I di babak kualifikasi zona Eropa.

4. Nigeria

Dari kawasan Afrika, ada Nigeria yang merupakan negara langganan Piala Dunia 2022. Sayangnya, Super Eagles harus absen di Piala Dunia 2022 ini.

Nigeria harus absen dari Piala Dunia 2022 usai takluk di babak Play Off Kualifikasi zona Afrika pasca disingkirkan oleh Ghana.

5. Republik Ceko

Republik Ceko banyak dihuni pemain bintang yang merumput di berbagai liga top Eropa. Namun hal tersebut bukan jaminan bahwa tim ini bisa lolos ke Piala Dunia 2022.

Republik Ceko gagal ke Piala Dunia 2022 usai menempati peringkat ketiga di grup E kualifikasi zona Eropa. Meski lolos ke Play Off, tim ini malah disingkirkan Swedia.

Negara-negara top lainnya yang harus absen:

6. Kolombia (gagal di babak kualifikasi Amerika Selatan)
7. Aljazair (gagal di babak Play Off dari Kamerun)
8. Chile (gagal di babak kualifikasi Amerika Selatan)
9. Swedia (gagal di babak Play Off)
10. Ukraina (gagal di babak Play Off)

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More